Pengenalan Makanan Sehat dan Bergizi Pasca Imunisasi

Foto bersama Guru TK/KB Aisyah Al Husna

Kendal – Kegiatan KKNT di Kabupaten Kendal salah satunya dilaksanakan di TK Aisyah Al Husna pada Senin (15/8). Puluhan anak tampak antusias dalam kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu. Kegiatan diawali dengan pemaparan video, kemudian pemaparan presentasi tentang pengenalan makanan sehat, terakhir yakni kegiatan mewarnai. Kegiatan ini dilakukan oleh 36 anak TK kelas A usia 4-5 tahun, 3 orang tim KKNT yang didampingi oleh 2 guru TK dan sebagian wali murid anak.

TK kelas A dinilai masih masuk dalam sasaran BIAN sehingga kelas ini dipilih untuk melakukan kegiatan yang terkait dengan imunisasi anak. Tema pengenalan makanan sehat dipilih karena makanan menjadi salah satu penunjang agar imunisasi yang telah dilakukan menjadi lebih optimal. Makanan yang sehat dan bergizi dapat menguatkan imun tubuh.

Sesi kuis tebak gambar

Dalam kegiatan pengenalan makanan sehat dan bergizi ini, pemaparan materi ditampilkan berupa power point yang berisi macam-macam bahan makanan sehat, manfaat makanan sehat, dan contoh makanan dengan gizi seimbang. Seluruh paparan materi ditampilkan berupa kartun animasi agar anak-anak tidak bosan dan tertarik. Kemudian, diakhir pemaparan ini ditampilkan beberapa kuis tentang tebak-tebakan nama buah, sayur, ataupun lauk-pauk yang bertujuan untuk mengetahui seberapa tahu anak-anak tentang contoh bahan makanan sehat. Suasanya nampak ramai saat mereka ingin menjawab, terlebih dengan adanya hadiah berupa buah jeruk sebagai representasi makanan sehat.