“IMUNISASI? SIAPA TAKUT!”: Mahasiswa KKNT UNDIP Ciptakan Semarak Gerakan #BeraniDiimunisasi dalam Rangka Meningkatkan Capaian BIAS

Banyumas (18/8/2022), siswa SD Negeri Pekunden Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas kedatangan tamu dari mahasiswi KKN Tematik Undip (Universitas Diponegoro). Mahasiswi KKNT Undip mengenalkan Gerakan #beranidiimunisasi kepada siswa kelas 1 SDN Pekunden mulai dari pemaparan materi, pembagian komik mini, hingga berjoget jingle imunisasi bersama.

Program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) tidak terpisahkan dengan program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah). Jika berkaca dari pelaksanaan BIAN, terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya. Salah satu di antaranya yaitu anak yang rewel bahkan menangis keras dan bersikukuh menolak diimunisasi. Meskipun beberapa anak dapat dipaksa oleh orang tua dan dibantu tenaga kesehatan, tetapi tidak sedikit anak yang sulit dikendalikan.

            “Biasanya anak-anak yang sangat susah untuk diimunisasi itu justru yang sudah besar, kira-kira tiga atau empat tahun ke atas. Kalau terus-terusan dipaksa juga kadang kasihan anaknya, belum lagi kalau dari orang tua sendiri itu juga tidak ikut membantu merayu anaknya, jadi makin susah. gejol-gejol kue lho mbak (nendang-nendangnya itu lho mbakk)”, terang Bidan Desa Pekunden, Wenty Anggraeni (11/8/2022).

              Oleh karena itu, program kerja ini dilaksanakan demi kelancaran dan capaian yang tinggi saat pelaksanaan BIAS nanti. Kegiatan dimulai dengan penjelasan mengenai imunisasi, manfaat imunisasi, dan dampak jika tidak diimunisasi atau tidak imunisasi secara lengkap baik imunisasi dasar maupun lanjutan. Siswa-siswa semakin antusias ketika mahasiswi KKN Undip membagikan komik mini yang berjudul “Berani Diimunisasi”. Tak hanya itu, banyak siswa yang bersedia untuk membacakan komik tersebut dan disimak oleh teman-teman yang lain.

Foto bersama siswa siswi kelas 1 SDN Pekunden setelah kegiatan

            Kemudian kegiatan ditutup dengan menyanyikan dan berjoget Jingle Imunisasi untuk menambah semangat dan antusiasme siswa. Siswa siswi kelas 1 SDN Pekunden terlihat senang dan berjanji tidak akan takut diimunisasi saat pelaksanaan BIAS nanti. Hal tersebut sesuai dengan jargon yang selama kegiatan digaung-gaungkan yakni: IMUNISASI? SIAPA TAKUT!

Penulis: Fitri Amalina (13010119130059)

Dosen Pembimbing:

  1. Dr.drs. Syamsulhuda BM., M.Kes 
  2. Dr. Adi Nugroho., M.Si

Link poster dapat dilihat di sini: https://drive.google.com/file/d/1r7j-TN_wAlLwIjwpcZCaMpp_a369f_cJ/view?usp=sharing