Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kecamatan Semarang Selatan.

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) merupakan progam Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang mengalami penurunan selama pandemi COVID-19. Kegiatan BIAN di Pulau Jawa dilaksanakan pada bulan Agustus 2022.

Foto Bersama Kader Posyandu

Kegiatan BIAN di Kecamatan Semarang Selatan dibawah wilayah tugas Puskesmas Semarang Selatan. Kegiatan posyandu dilaksanakan di 4 Kelurahan yakni Kelurahan Peterongan, Lamper Tengah, Lamper Lor, dan Lamper Kidul serta di 27 Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bergilir mulai tanggal 1-27 Agustus 2022.

Edukasi Campak dan Rubella Ibu-Ibu di Posyandu

Kegiatan KKN kali ini meliputi operasi timbang, pemberian vitamin A, dan imunisasi. Operasi timbang dilakukan dengan mengukur berat badan dan tinggi badan. Selain itu, juga dilakukan pemberian vitamin A kapsul biru untuk bayi usia 6-11 bulan dan kapsul merah untuk anak usia 12-59 bulan. Imunisasi yang diberikan berupa imunisasi tambahan (campak-rubela) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib) untuk melengkapi dosis yang terlewat.

Selain melakukan kegiatan posyandu, terdapat sisipan kegiatan yang berkaitan dengan campak dan rubella. Dengan tagline “Get to Know Campak dan Rubella” dapat diketahui apa itu penyakit campak dan rubella, bagaimana seseorang bisa terinfeksi, gejala yang ditimbulkan, dampak yang timbul, serta jumlah penderita campak dan rubella selama 5 tahun sejak tahun 2010 – 2015 di Indonesia.

Poster untuk Edukasi

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih sadar dan waspada terkait timbulnya penyakit campak dan rubella. Maka dari itu, ayo sukseskan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Tahun 2022!!

Penulis : Ayu Kristina Pratiwi

DPL 1: Dr. Ir. Martini., M.Kes.

DPL 2: drh. Siti Susanti., phD.

Lokasi : Kecamatan Semarang Selatan