Siap Menyukseskan Program Kejar dan Bian Mahasiswa KKN Tematik Undip Membantu Melakukan Pendampingan Para Kader di Desa Leyangan untuk Membuat Template Pendataan Balita Agar Lebih Efektif dan Efisien


Pendampingan kepada kader untuk pembuatan template buku pendataan balita sasaran KEJAR dan BIAN kepada kader

Layangan, Kab. Semarang (22/8/2022). Program percepatan imunisasi KEJAR dan BIAN yang di Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timur Kab. Semarang sudah mulai dilaksanakan mulai tanggal 5 Agustus sampai dengan 21 Agustus 2022. Untuk pelaksanaan imunisasi di Desa Leyangan ini dilaksanakan secara bertahap di setiap RW yang ada di Desa Leyangan, dimana terdapat 14 RW dengan 14 Posyandu yang ada di Desa Leyangan. Pelaksanaan imunisasi ini dilakukan dalam waktu yang cukup singkat dengan cakupan RW dan sasaran balita yang cukup luas dan banyak. Oleh karena itu, untuk mengefisiensi waktu perlu adanya sumber daya manusia serta sarana pendukung guna menyukseskan program percepatan imunisasi KEJAR dan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasioanl) ini, salah satunya yakni dengan penggunaan buku maupun template yang dapat digunakan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Dikarenakan untuk beberapa posyandu masih menggunakan metode manual yang sedikit menyita waktu dan rentan akan risiko kerusakan data, Mahasiswa dari Tim KKN Tematik Undip Kab. Semarang mencoba untuk membantu melakukan pendampingan kepada petugas imunisasi atau kader yang bertugas membantu jalannya imunisasi untuk belajar dan membuat template pendataan balita sasaran KEJAR dan BIAN dengan menggunakan Microsoft Excel. Karena untuk beberapa kader merasa belum bisa atau kurang mengerti untuk penggunaan Microsoft Excel. Diharapkan dengan penggunaan Microsoft Excel untuk melakukan pendataan balita saat pelaksanaan imunisasi dapat membantu jalannya imunisasi agar lebih efektif dan efisien selain itu, dengan memiliki data yang berupa softfile dapat dijadikan sebagai backup atau cadangan ketika file asli atau hardfile yang dimiliki rusak atau hilang. Selain memberikan template Excel kepada para kader kami juga memberikan sample atau contoh buku untuk pendataan balita yang sudah kami cetak dengan nama-nama balita sasaran BIAN yang ada di RW tersebut.


Pendampingan penggunaan tamplate excel dan pemberian buku untuk pendataan balita sasaran KEJAR dan BIAN kepada kader Desa Leyangan

Dengan adanya pendampingan pembuatan template excel untuk pembuatan buku pendataan balita sasaran KEJAR dan BIAN para kader merasa terbantu dan diharapkan kedepannya template excel serta buku yang Tim KKN Tematik Undip Kab. Semarang dapat bermanfaat untuk pelaksanaan program imunisasi selanjutnya.

Penulis : Nurul Wahyuningrum

Dosen Pembimbing :

1. Dr.Cahya Tri Purnami., SKM.,M.Kes

2. Dra. Ana Irhandayaningsih M.Si

Lokasi : Leyangan, Ungaran Timur, Kab. Semarang

#KKNtematikUndipxUnicef

#p2kknundip

#lppmundip

#undip