Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF 2022 Lakukan Penyuluhan Pentingnya Imunisasi Campak dan Rubela Guna Percepat Program Imunisasi Tambahan Campak dan Rubella di Desa Kateguhan

Sukoharjo – Anak-anak di beberapa wilayah Indonesia telah menderita penyakit Campak, Rubella, Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, dan Polio serta menurunnya cakupan imunisasi pada tahun 2019, 2020, dan 2021. Penyakit ini dapat dengan cepat menular pada anak dan apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian pada anak.

Imunisasi tambahan Campak dan Rubella sangat penting dilakukan untuk melindungi anak dari bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit Campak dan Rubella. Namun, banyak ibu yang masih ragu dan tidak mengetahui pentingnya imunisasi ini. Mereka bahkan beranggapan bahwa anak mereka sudah cukup status imunisasinya dan tidak perlu lagi untuk imunisasi tambahan.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro yang bekerja sama dengan UNICEF di Kabupaten Sukoharjo khususnya di Desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari mengadakan penyuluhan yang dilakukan secara door to door terkait pentingnya imunisasi tambahan Campak dan Rubella kepada orang tua yang memiliki balita sebagai langkah dalam mendukung program percepatan imunisasi di Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022. Penyuluhan ini diawali dengan memberikan penjelasan mengenai pengertian terkait penyakit Campak dan Rubella.

Selain itu, mahasiswa juga menjelaskan penyebab-penyebab yang akan ditimbulkan jika anak tidak diimunisasi Campak dan Rubella seperti, radang paru, radang otak, dan dapat menyebabkan kematian. Mahasiswa juga mengajak para orang tua untuk membawa anaknya imunisasi tambahan Campak dan Rubella.  Penyuluhan ini dilengkapi pula dengan poster yang didesain menarik dan berisi penjelasan singkat agar para orang tua mudah memahami isi dari poster tersebut.

Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan para orang tua dapat lebih memahami pentingnya imunisasi bagi anak mereka dan tidak perlu ragu lagi bila anak mereka diimunisasi.

Penulis : Banafsa Ayudyanita/40011419650020/Akuntansi Perpajakan

DPL :

  1. Dr. dr. Sri Winarni., M.Kes.
  2. Triyono., S.H., M.Kn.