Peduli Terhadap Kesehatan Bayi dan Balita, Mahasiswa KKN-T UNDIP Kenalkan Konsep Rumah Sehat kepada Para Orang Tua

Bakalan, Wonogiri (22/8) – Sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah mengenai Imnunisasi KEJAR dan BIAN, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF kenalkan Konsep Rumah Sehat kepada para orang tua balita. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Lengkong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri melalui sosialisasi dan penyerahan poster kepada salah satu kader posyandu.

Sosialisasi konsep rumah sehat kepada orang tua balita dan kader posyandu
Penyerahan poster konsep rumah sehat kepada kader posyandu

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa setelah melihat adanya kondisi di beberapa rumah warga mengenai kurangnya kesadaran tentang sanitasi dan pengaplikasian material bangunan untuk kesehatan dan kenyamanan balita.

Diantara permasalahan tersebut yaitu masih banyaknya kamar mandi dan kakus yang berada di satu tempat tanpa adanya pemisah, sanitasi yang tidak sesuai standar, serta penggunaan material seperti seng dan asbes sebagai penutup atap dimana bahan tersebut dengan mudah dapat menghantarkan panas, sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan dan Kesehatan balita khususnya setelah mengikuti imunisasi.

Definisi rumah sehat sendiri merupakan tempat tinggal yang memungkinkan para penghuninya dapat mengembangkan dan membina fisik, mental, maupun sosial keluarga yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana yang diperlukan. Diantara syarat rumah sehat yaitu :

  • Lantai dan dinding harus kering (tidak lembab) dan mudah dibersihkan.
  • Ventilasi/jendela yang cukup agar udara dalam ruangan dapat selalu mengalir.
  • Rumah harus memiliki atap yang mampu meredam panas dan memiliki sistem pencahayaan yang baik. Genteng tanah liat merupakan salah satu penutup atap yang dapat dipilih karena memiliki kemampuan yang baik unruk meredam panas.
  • Memiliki septictank dan saluran resapan yang sesuai dengan standar
  • Memiliki kamar mandi, cuci dan kakus yang terpisah satu sama lain.

Dengan adanya program ini, besar harapan mahasiswa kepada masyarakat terkhusus para orang tua mampu lebih peka dan memahami pentingnya rumah sehat untuk perkembangan balita sehingga dapat mengaplikasikan konsep rumah sehat tersebut di tempat tinggal masing-masing.

Penulis : Aisyah Rindi Antika (40030519650134) Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro

DPL : Triyono, SH.M.Kn dan Aditya Kusumawati, S.KM., M.Kes.