Sebagai Upaya Bina Suasana Imunisasi, Mahasiswa KKN-T UNDIP Lakukan Pembuatan Denah Rencana Keamanan dan Redesain Ruang untuk Puskesmas

Ngadirojo Kidul, Wonogiri (20/08/2022) – Pada minggu ke-4 pelaksanaan KKN Tematik Undip x Unicef, Mahasiswa dari Program Studi Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur Universitas Diponegoro melaksanakan program yang bertujuan untuk mendukung jalannya Imunisasi KEJAR dan BIAN di UPTD Puskesmas Ngadirojo dengan pembuatan denah rencana keamanan dan denah redesain ruang puskesmas.

Penyerahan denah rencana keamanan dan denah redesain ruang puskesmas kepada Kepala UPTD Puskesmas Ngadirojo

Imunisasi KEJAR sendiri merupakan upaya pemberian imunisasi OPV, IPV, DPT-HB-HIB,kepada anak berusia 12-59 bulan yang belum lengkap atau tertinggal dari imunisasi yang seharusnya sudah didapatkan. Sedangkan BIAN merupakan upaya pemberian imunisasi MR dengan sasarran usia 9-59 bulan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Kegiatan Imunisasi KEJAR dan BIAN di Kabupaten Wonogiri berlangsung di dua tempat. Imunisasi KEJAR diselenggarakan di UPTD Puskesmas Ngadirojo setiap hari Selasa dan Rabu serta Imunisasi BIAN diselenggarakan di balai desa masing-masing desa.

Dalam pelaksanaan Imnunisasi ini tentunya diperlukan suasana aman dan nyaman untuk seluruh petugas, balita, dan pengunjung puskesmas lainnya. Tidak tersedianya denah rencana keamanan serta tidak adanya perbedaan tempat pendaftaran dan ruang tunggu antara balita dengan pasien lain mengakibatkan suhu ruang meningkat sehingga timbul perasaan tidak aman dan nyaman.

Langkah yang diambil mahasiswa untuk menciptakan rasa aman yaitu dengan membuat dan memaparkan denah rencana keamanan yang didalamnya mencakup denah penempatan apar, denah jalur evakuasi bencana, dan perhitungan kebutuhan arah tanda jalur evakuasi kepada petugas puskesmas.

Selain itu untuk mempermudah pelayanan petugas dan untuk menciptakan kenyamanan balita, mahasiswa melakukan upaya bina suasana dengan mendesain ulang tata ruang puskesmas. Bina suasana sendiri merupakan metode untuk menciptakan suasana baru dalam suatu lingkungan.

Denah rencana keamanan
Denah Redesain Ruang Puskesmas

Program pembuatan denah dan bina suasana ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap pentingnya keamanan dan kenyamanan yang wajib dipenuhi serta keselamatan yang harus diperhatikan bagi seluruh petugas maupun pengunjung puskesmas.

Penulis : Aisyah Rindi Antika (40030519650134) Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro

DPL : Triyono, SH.M.Kn dan Aditya Kusumawati, S.KM., M.Kes.