Pendataan Kian Penting, Mahasiswa KKN Tematik Undip Mendata Seluruh Target BIAN dan Program KEJAR di Desa Leyangan

Proses Entry Data yang Dilakukan Bersama (Sumber : Dokumen Pribadi)

Leyangan (22/08/22) – Pendataan dan arsip adalah dua hal yang penting. Demikian yang disadari oleh pihak Puskesmas Leyangan. Dalam kesempatan kali ini, mahasiswa tim KKN Tematik Undip Kabupaten Semarang berkesempatan untuk bekerja sama dengan Puskesmas Leyangan dalam hal pendataan. Pendataan dikhususkan untuk para bayi, batita, baduta, dan balita yang telah dimunisasi, terkhusus bagi yang bertempat tinggal di Desa Leyangan. Pendataan ini mencakup 14 (empat belas) RW dan 13 (tiga belas) Posyandu yang seluruhnya menjadi tanggung jawab Puskesmas Leyangan dan Mahasiswa Tim KKN Tematik dalam hal membantu di lapangan. Pendataan sendiri tidak berhenti pada kegiatan mendata dalam bentuk excel, namun juga input data pada website resmi Kementerian Kesehatan (sehatindonesiaku.go.id).

Latar belakang diusulkannya Program Kerja Pendataan juga didasari atas efektivitas serta distribusi kerja yang jelas bagi para tim KKN Tematik agar para tenaga kesehatan lebih berfokus pada penyuntikan anak. Meskipun pada hari pendataan dan penyuntikan masih ditemukan berupa data yang sulit dibaca karena bentuknya masih tulis tangan, para mahasiswa yang bertanggung jawab pada hari tersebut dapat mengatasinya dengan baik dengan berkoordinasi penuh dengan petugas Puskesmas di lapangan. Permasalahan justru timbul dari pihak yang ingin turut dibantu dalam hal pendataan, maka berdatanganlah tawaran untuk mengerjakan cakupan wilayah kerja diluar Desa Leyangan. Hal tersebut terpaksa harus ditolak mengingat cakupan wilayah kerja Tim KKN Tematik yang hanya meliputi Desa Leyangan saja.

Penyerahan Data Fisik Target BIAN dan Program KEJAR Tahun 2022 (Sumber : Dokemen Pribadi)

Program pendataan diakhiri dengan penyerahan data secara online dan juga dalam bentuk fisik kepada pihak puskesmas yang sekiranya menjadi arsip dan rekap mengenai kegiatan BIAN dan Program KEJAR di Bulan Agustus tahun 2022.

Disusun Oleh : Tim II KKN Tematik tahun 2022, Kabupaten Semarang
DPL :
1. Dr. Cahya Tri Purnami., SKM., M.Kes
2. dra. Ana Ishandayaningsih., M.Sie
Lokasi : Desa Leyangan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang

#KKNtematikUndipxUnicef
#p2kknundip
#lppmundip
#undip