Kalibrasi Alat Pada Posyandu Ngasinan, Wonogiri Bersama Mahasiswa KKN Tematik UNDIP dan Puskesmas Ngadirojo

Kalibrasi Alat

(Wonogiri,  7 Agustus 2022) Dalam mendukung program pemerintah berupa percepatan Imunisasi KEJAR & BIAN Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro Bersama puskesmas Ngadirojo melakukan kegiatan dengan tema “Percepatan Imunisasi dalam Rangka Mendukung Prgoram KEJAR & BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Tahun 2022”  serta melakukan kalibrasi pada alat yang digunakan untuk pengukuran dan penimbangan pada anak untuk mendukung program tersebut.

Pelatihan ini merupakan upaya dalam mendukung program imunisasi KEJAR & BIAN. Pelatihan ini pula nantinya agar alat-alat yang digunakan sesuai dengan prosedur penggunaan dan proseudur pengkalibrasian alat.. perlunya pengetahuan bahwa alat-alat tersebut Ketika dipakai secara menerus maka aka nada pergeseran entah itu termasuk dari alat baca, satuan baca, hingga digital pada alat penimbangan.

Dalam proses pengkalibrasian alat ini terbagi menjadi dua yaitu kalibrasi alat manual dan kalibrasi alat digital, tentunya dalam proses pengkalibrasian atau tera-tera ulang ini Bersama puskesmas Ngadirojo, sehingga pengawasan dan proses pengkalibrasian dapat lancer dan sesuai prosedur buku pedoman, proses pengkalibrasian ini tidak mengubah bentuk dari suatu alatnya namun berupa tambahan beberapagainian agar alat tersebut menjadi normal atau balance.

Berikut cara pengkalibrasian alat pengukuran dan penimbangan

            Untuk alat pengukuran manual;

  • Terlebih dahulu  melihat bagian tengah alat pengukuran apakah sudah balance atau belum, jika belum maka diperlukan suatu kalibrasi
  • Tambahkan beberapa material untuk menyeimbangkan alat pada bagian ujung
  • Jika alat sudah terlihat balance maka kalibrasi atau penyempurnaan alat berhasil

Untuk alat timbangan digital

  • Terlebih dahulu melihat alat dan melihat buku pedoman atau prosedur alat digital yang akan di kalibrasi
  • Cara pengkalibrasian alat biasanya terletak pada bagian belakang atau bawah alat(tergantung dari alat yang digunakan)
  • Cara selanjutnya berupa pemutaran arah bagian yang terletak pada bagian bawah alat, selanjutnya menunggu agar alat Kembali menjadi balance Kembali.

Dalam pelatihan ini diharapkan masyarakat tiap posyandu Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri dapat dan mampu bagaimana cara mengatasi alat yang tidak balance dan membantu dalam pengukuran maupun penimbangan alat yang ada pada tiap posyandu, Diharapkan pula dengan adanya pelatihan maupun kegiatan ini mampu membantu program KEJAR dan BIAN pada bulang Agustus.