Program Upaya Pencegahan dan Penurunan Tingkat Stunting melalui Peningkatan Pemahaman Masyarakat terkait makanan yang Bergizi bagi Anak.

Selasa (23/08/2022) – Risky Rahmat Fadhillah, Mahasiswa KKN Tematik BIAN Tahun 2022, berhasil menjalankan programnya dengan Program Upaya Pencegahan dan Penurunan Tingkat Stunting melalui Peningkatan Pemahaman Masyarakat terkait makanan yang bergizi bagi anak. Sebelum menjalankan program tersebut, Mahasiswa KKN Tematik BIAN 2022 ini sempat berbincang – bincang dengan Camat Kecamatan Bandar selaku pemangku jabatan di wilayah tempat dia menjalankan KKN Tematik ini. Saat berbincang – bincang dari Camat menuturkan bahwa kasus stunting di Kecamatan Bandar cukup tinggi oleh karena itu beliau menyarankan agar melakukan sosialisasi terkait stunting.

Sosialisasi Program Mengenai Stunting

Pada program kerja yang dibawakan oleh mahasiswa akuntansi ini dijelaskan mengenai apa itu stunting, stunting sendiri adalah Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kemudian ia juga menjelaskan terkait dampak – dampak yang akan dihadapi oleh anak – anak apabila mengalami stunting ini, yang mana sangat menghambat masa depan anak. Pada program ini juga dijelaskan mengenai makanan – makanan yang dapat mencegah stunting dan berapa sebenarnya biaya yang diperlukan agar anak dapat terhindar dari stunting.

Diharapkan program ini dapat menanggulangi permasalahan stunting yang sedang marak melanda Kecamatan Bandar karena jangan sampai anak – anak yang diharapkan menjadi bonus demografi dan generasi emas di tahun 2045 ini justru menjadi terhambat masa depannya akibat ketidaktahuan orang tua terkait pentingnya pemenuhan nutri di masa perkembangan emas anak. “Masa depan ditentukan dari bagaimana anak – anak dirawat.”- Rahmat

Penulis : Risky Rahmat Fadhillah

DPL : Satriyo Adhy, S.Si, M.T & Aditya Kusumawati, SKM, M.Kes

Lokasi KKN : Kecamatan Bandar