Dukung Program BIAN, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Lakukan Pendampingan di Posyandu

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, selama tahun 2019 – 2021 terdapat 1,7 juta bayi tidak dan belum mendapatkan imunisasi lengkap. Hal ini berhubungan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi selama dua tahun terakhir yang mengakibatkan banyak orangtua takut membawa anaknya ke lokasi imunisasi.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan seluruh kementerian, pemerintah daerah, dan  lintas sektor menyelenggarakan program bulan imunisasi anak nasional (BIAN) sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan imunisasi rutin dan memberikan imunisasi tambahan campak-rubella untuk menguatkan kembali kekebalan individu dan kelompok terhadap penyakit campak-rubella.

Sebagai bentuk implementasi salah satu nilai tri dharma perguruan tinggi, pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa KKN Tematik UNDIP melakukan program multi disiplin KKN berupa pendampingan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di 26 lokasi imunisasi yang tersebar di Kelurahan Pajang, Kelurahan Karangasem, Kelurahan Sondakan, dan Kelurahan Laweyan yang berada dibawah binaan Puskesmas Pajang, Kota Surakarta, sebagai bentuk dukungan dalam melaksanakan program BIAN 2022. Kegiatan pendampingan yang dilakukan meliputi pendataan sasaran di meja registrasi serta pencatatan hasil pelayanan imunisasi di buku KIA dan form manual puskesmas.

Selain melakukan pencatatan dan pendataan BIAN, mahasiswa KKN Tematik UNDIP juga turut membantu dalam kegiatan penimbangan serentak dan pemberian vitamin A di setiap pos pelayanan imunisasi. Kegiatan ini dilakukan untuk memantau pertumbuhan sekaligus memberikan pelayanan kesehatan dasar sebagai upaya deteksi dini gangguan tumbuh kembang dan mencegah terjadinya gizi kurang pada balita.

Untuk mencegah terjadinya penularan virus ditengah pandemi COVID-19, mahasiswa KKN Tematik Kota Surakarta juga turut melakukan kegiatan pemantauan penerapan protokol kesehatan di pos pelayanan imunisasi dengan cara membagikan masker gratis di pos pelayanan imunisasi sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19 di pos pelayanan imunisasi.

Dengan diselenggarakannya kegiatan pendampingan ini, kegiatan BIAN di wilayah binaan Puskesmas Pajang dapat berjalan dengan lancar dan banyak sasaran yang turut hadir ke pos pelayanan imunisasi tanpa perlu khawatir akan kondisi COVID-19.