MAHASISWA UNDIP BERI PSIKOEDUKASI KESEHATAN MENTAL KELUARGA UNTUK KADER KESEHATAN DESA SUMINGKIR

Psikoedukasi Kesmen Keluarga (1)

SUMINGKIR, PURBALINGGA(18/08) – Kesadaran mengenai kesehatan mental mulai membaik dengan keberadaan internet yang membawa arus informasi betapa pentingnya sehat secara psikologis. Namun untuk warga Desa Sumingkir dengan tingkat kemiskinan cukup tinggi pandangan ini belum lah merata. Mahasiswa saat melaksanakan kegiatan KKN Tematik berkesempatan mengunjungi dan bertemu dengan beberapa ODGJ bersama bidan Desa Sumingkir.

Hal ini menjadi salah satu latar belakang diadakannya program kerja Psikoedukasi Kesehatan Mental Keluarga. Topik ini dipilih karena keluarga merupakan unit terkecil dan terdekat dari seseorang yang dapat menjadi sistem pendukung gangguan psikologis terjadi. Permasalahan dalam keluarga juga menjadi salah satu faktor utama munculnya gangguan mental pada seseorang, sehingga sangatlah penting untuk menanamkan pengetahuan mengenai kesehatan mental keluarga.

Psikoedukasi Kesmen Keluarga (2)

Kegiatan dilaksanakan di rumah Ibu Sulis, salah satu kader kesehatan Desa Sumingkir, pada Kamis, 18 Agustus 2022. Psikoedukasi diberikan kepada kader-kader kesehatan selama 45 menit. Materi psikoedukasi berisi tentang penjelasan mengenai keluarga, permasalahan keluarga, kesehatan mental secara umum, tanda-tanda yang perlu diperhatikan bila terdapat masalah kesehatan mental, poin-poin yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan mental keluarga, serta informasi mengenai layanan kesehatan mental secara daring maupun langsung.

Kegiatan disambut dengan baik oleh ibu-ibu kader yang baik. Poster kesehatan mental juga diberikan kepada bidan desa untuk dipasang di Poliklinik Kesehatan Desa Sumingkir. Diharapkan kegiatan psikoedukasi ini dapat menambah pengetahuan warga mengenai kesehatan mental dan pentingnya menjaga kesehatan mental dari keluarga. Kader-kader kesehatan juga diharapkan dapat meneruskan pengetahuan dan informasi yang didapatkan kepada ibu-ibu dan warga lainnya.

Poster Kesmen

Penulis : Nanda Amalia Nurul Izza, S1-Psikologi, Fakultas Psikologi

DPL : Amni Zarkasy Rahman., SAP., M.Si | Novia Handayani., SKM., MA., M.Kes