MUDAH DAN VALID, MAHASISWA KKN TEMATIK UNDIP CIPTAKAN DATABASE PESERTA BIAN KELURAHAN TIRTO, PEKALONGAN

Kelurahan Tirto (24/08/2022) – Tim KKN Tematik Universitas Diponegoro dalam rangka mendukung Program KEJAR dan BIAN dengan melakukan pengumpulan data bayi dan balita peserta imunisasi campak-rubella booster yang mencakup sasaran dan realisasi imunisasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dua tahap yaitu pendataan sasaran yakni sebelum pelaksanaan imunisasi (pra – BIAN) di Puskesmas Tirto) dilanjutkan dengan tahap pendataan realisasi yakni secara langsung di posyandu pelaksana imunisasi.

Ketika pelaksanaan pra-BIAN, pendataan masih dilakukan dengan manual dikarenakan saat menghimpun data sasaran, pengisian data bayi dan balita yang berupa nama , tempat dan tanggal lahir, NIK , jenis imunisasi dan NIK ibu dari bayi dan balita masih dilakukan oleh kader yang kebanyakan merupakan orang tua sehingga belum mendukung pendataan secara akurat, cepat, dan tepat.

Data sasaran dan realisasi merupakan hal yang penting untuk monitoring dan mengevaluasi keberhasilan program BIAN sendiri dan sebagai database pedoman pelaksanaan imunisasi setelah BIAN. Oleh karena itu, Marina H Pasaribu seorang mahasiswi Teknik Elektro Undip yang merupakan salah satu Tim KKN Tematik Program Percepatan Imunisasi melakukan digitalisasi pendataan peserta BIAN dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Aplikasi ini dinilai mudah untuk dioperasikan oleh pihak puskesmas dengan tanpa membutuhkan pelatihan khusus sehingga dapat dilakukan secara berkelanjutan di kemudian hari dan hasil keluaran dapat diolah dengan mudah.

Hasil himpunan data baik sasaran peserta BIAN yang dibuat ke dalam bentuk Excel akan menjadi  database website Sehat Indonesiaku yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan evaluasi sebagai database untuk aplikasi ASIK yang dikelola oleh Kemenkes RI juga sehingga verifikasi anak terimunisasi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Adapun pendataan yang dilakukan dibagi atas dua kelompok cakupan wilayah yaitu wilayah Tirto dan Pringrejo. Dengan izin akses dan pengolahan data, Marina diberi kewenangan untuk melakukan digitalisasi untuk wilayah Pringrejo. Hasil kegiatan digitalisasi ini mendapat respons yang baik dari pihak puskesmas karena telah dibantu untuk mempermudah pengolahan data dan evaluasi keberhasilan BIAN.

Dengan penerapan aplikasi Microsoft Excel  diharapkan pihak puskesmas dapat lebih mudah untuk proses digitalisasi ke depannya.

Penulis : Marina H Pasaribu (21060119130087) / Fakultas Teknik / Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Novia Handayani S.K.M., M.A.,M.Kes dan Adnan Fauzi S.T., M.Kom.

Editor : –