PENTINGNYA MENGELOLA AIR DALAM KEGIATAN HIDROPONIK “PROGRAM PENGELOLAAN AIR HIDROPONIK”

IMG-20221105-WA0026
Kegiatan hidroponik di Kelurahan Rowosari, Tembalang, Semarang

Rowosari, Semarang (4/11/2022)- Air merupakan komponen penting dalam hidroponik karena menjadi media tumbuh untuk tanaman menggantikan tanah. Sesuai dengan pengertian dari hidroponik sendiri, hidro yang artinya air dan ponik yang berarti daya, jadi hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya atau soilness.

IMG-20221104-152709-410
Penempelan poster di balai Kelurahan Rowosari

Program ini memiliki keterkaitan dengan program besar KKN yang membangun green house hidroponik di Kelurahan Rowosari. Air menjadi kunci penting akan keberhasilan hidroponik karena dengan air, zat nutrisi yang dibutuhkan tanaman disebarluaskan dalam jaringan hidroponik. Walaupun begitu, tidak sembarang air bisa digunakan untuk kebutuhan hidroponik.

Screenshot-20221109-074138
Poster pengelolaan air hidroponik

Program ini dilakukan di balai Kelurahan Rowosari, penyuluhan yang dilakukan menggunakan poster yang ditempel di balai sehingga semua orang yang berkunjung ke balai dapat melihatnya. Adapun poster tersebut berisikan tentang kualitas air yang baik dan jenis air yang dapat digunakan untuk melakukan hidroponik. Kegiatan penempelan poster ini dilakukan setelah mendapatkan izin dari pihak kelurahan sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Penulis : Shofie Rahmah Chairani Akhmad – Ilmu Kelautan/FPIK

DPL : Prof. Widowati, S.Si. M.Si.

Lokasi : Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

KKN Tematik Tim Rowosari Universitas Diponegoro 2022