Perawatan Tanaman Hidroponik

Whats-App-Image-2022-11-16-at-20-27-15
Poster perawatan tanaman hidroponik

Hidroponik merupakan salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Teknik penanaman hidroponik merupakan teknik budidaya yang ramah lingkungan.Teknik hidroponik tidak bisa diterapkan pada semua jenis tanaman. Hanya sedikit yang cocok dan dapat berkembang dengan hasil yang memuaskan. Teknik menanam hidroponik sendiri sangat cocok bagi anda yang memiliki lahan terbatas. Mereka tidak membutuhkan lahan yang luas, cukup menggantinya dengan teknik hidroponik. Tanaman hidroponik yang cocok untuk dibudidayakan yaitu Selada Hijau, Kangkung Sawi Hija, Sayur Buncis Hijau, Tomat Merah, Sayur Pakcoy, Timun, Bayam, Seledri, Cabai, Lobak, dan Daun Bawang.

Foto-1
Gambar Tanaman Hidroponik yang Subur

Pada dasarnya sama dengan budidaya konvensional yang butuh pupuk, tanaman hidroponik pun demikian. Sejatinya, tanaman memerlukan unsur hara/ nutrisi agar dapat tumbuh subur dan berproduksi maksimal. Nutrisi merupakan faktor penting untuk pertumbuhan dan kualitas hasil tanaman hidroponik, sehingga harus tepat dari segi jumlah komposisi ion nutrisi dan suhu. Larutan nutrisi ini dibagi dua yaitu unsur makro seperti carbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), sulfur (S), Posfor (P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg) dan unsur mikro boron (B), klorida (Cl), tembaga (Cu), besi (Fe), mangan (Mn), molibdenum (Mo), seng (Zn).

Foto-2
Foto Kegiatan Perawatan Tanaman Hidroponik

Adapun cara perawatan tanaman hidroponik

  1. Cek Kondisi Air dan Bak Penampungan
  2. Cek Selalu Kondisi Larutan Nutrisi
  3. Bersihkan Wadah Media Tanam dan Larutan Nutrisi
  4. Jaga Sanitasi Lingkungan
  5. Cek Kondisi Tanaman Secara Berkala
  6. Cek Kondisi Media Tanam
  7. Buang dan Jauhkan Tanaman yang Sakit dari Tanaman yang Sehat

Program ini memiliki keterkaitan dengan program besar KKN Tematik yang membangun green house hidroponik di Kelurahan Rowosari. Perawatan tanaman hidroponik sangat penting untuk diperhatikan dan sebagai kunci penting akan keberhasilan hidroponik. Program ini dilakukan dengan output poster yang ditempelkan di balai kelurahan rowosari sebagai penyuluhan untuk warga yang berkunjung ke balai.

Penulis: Dimas Syafiyanto/Fisika

Dosen Pembimbing Lapangan: Prof. Dr. Widowati, S.Si. M.Si.

Lokasi: Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

KKN Tematik Undip 2022 Kelurahan Rowosari