Upaya KKN-T UNDIP Meningkatkan Penjualan Usaha Warga Rowosari Melalui Pelatihan Design Canva Hadapi Era Digital Marketing 4.0

Purple-Minimalist-Social-Media-Marketing-Blog-Banner

Marketing 4.0 merupakan sebuah konsep marketing yang menggabungkan antara interaksi online dan offline. Kendati demikian, pada prakteknya cara kerja Marketing 4.0 tidak hanya sekedar memadukan antara toko online dan offline. Namun, juga menambahkan nilai style dan substance sehingga terjadi koneksi antara perusahaan dan pelanggan. Marketing 4.0 sendiri lahir karena sistem pemasaran yang membutuhkan cara pendekatan baru untuk membantu para pebisnis mengantisipasi dampak perkembangan teknologi. Adanya program KKN-Tematik oleh mahasiswa UNDIP membantu warga untuk lebih bersiap menghadapi persaingan di Era Digital Marketing 4.0.

Penggunaan sosial media yang baik tentu harus disandingkan dengan design visual yang menarik pula. Oleh karena itu, dalam acara sosialiasi Digital Marketing yang dilaksanakan di Kelurahan Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, pada tanggal 9 Oktober 2022 disambut positif oleh warga. Dalam acara tersebut diajarkan beberapa hal mengenai digital marketing. Salah satunya adalah pentingnya design yang menarik menggunakan aplikasi canva yang disampaikan oleh Aisyah Al Chumairoh. Warga yang datang terlihat sangat antusias mengetahui ada wadah yang memudahkan mereka membuat design secara gratis. Pada akhir penyampaian materi, ditunjuklah salah satu warga yang memiliki usaha dan media sosial untuk diberikan evaluasi mengenai pengelolaan sosial media yang baik.

“saya menjadi mengerti betapa pentingnya pengelolaan dan design media sosial akun jualan saya. Saya juga baru tahu ternyata penggunaan canva mudah sekali, bisa membantu mengembangkan usaha saya” kata Ibu Ida saat ditanya mengenai testimoni acara ini.

Jika tidak mengikuti arus pada era ini, maka profit penjualan usaha akan kurang maksimal. Nah, salah satu upayanya adalah dengan mengajarkan tentang design visual. Mengingat pesan visual dengan desain grafis akan lebih terngiang dibandingkan dengan pesan suara maupun sebuah pesan tulisan. Banyak orang yang tertarik dengan sebuah komunikasi yang disampaikan dengan sebuah desain grafis karena dirasa dapat menghilangkan kejenuhan. Sehingga hal tersebut penting untuk direalisasikan pada usaha yang dimiliki untuk memperkenalkan pada dunia luar.