Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Membuat Inovasi Alat Peraga Papan Perkalian sebagai Media Pembelajaran Matematika

Rowosari, Semarang (27/10/2022) – Ilmu memiliki kedudukan yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Ilmu membantu kita dalam menjalani tujuan hidup. Selain itu, seseorang yang berilmu akan dinilai lebih tinggi derajatnya. Mengingat betapa pentingnya ilmu, maka urgensitas ilmu tersebut idealnya harus diterapkan dalam pembelajaran kepada siswa sedini mungkin. Hal ini dikarenakan usia dini merupakan masa yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak.

Tahap pendidikan sekolah dasar merupakan tahap perkembangan yang masih awal, salah satunya adalah berkembangnya kemampuan kognitif dasar yaitu Matematika. Konsep dasar Matematika yang dapat diajarkan yaitu perkalian dua buah bilangan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tematik Undip membuat inovasi alat peraga yaitu papan perkalian, sebagai alat bantu dalam pembelajaran Matematika dasar di SDN 02 Rowosari. Sehingga, anak-anak dapat belajar Matematika sambil bermain.

IMG_20221119_014213
Alat Peraga Papan Perkalian (Sumber: dok. pribadi)

Kegiatan Pembelajaran ini meliputi penjelasan materi Matematika dasar yaitu perkalian beserta contoh soal, kemudian memperagakan alat untuk menyelesaikan contoh soal. Mahasiswa juga mengajak para peserta untuk maju ke depan dan mencoba mengerjakan soal sendiri dengan alat peraga. Antusiasme siswa-siswi Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 02 Rowosari sangat baik saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Mereka juga aktif dalam menjawab setiap soal yang terdapat pada brosur yang dibagikan di tengah kegiatan pembelajaran. Brosur ini digunakan untuk mengasah kemampuan para peserta setelah belajar menggunakan alat peraga. Dalam brosur ini terdapat soal-soal perkalian Matematika disertai dengan gambar ilustrasi.

png-20221026-185439-0000
Brosur Latihan Soal (Sumber: dok. pribadi)

Dengan adanya program ini, diharapkan siswa-siswi dapat memahami dengan baik materi Matematika dasar khususnya perkalian. Dan dengan bantuan alat peraga dapat membantu dalam proses pembelajaran serta membuat belajar Matematika menjadi menyenangkan. Semoga kegiatan pembelajaran ini juga dapat meningkatkan minat dan semangat belajar para siswa.

IMG-4876
Foto Bersama (Sumber: dok. pribadi)

Penulis : Angelina Rahayu – Matematika/FSM (KKN Tematik Undip 2022)

Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Jafron Wasiq Hidayat, M.Sc

Lokasi : SDN 02 Rowosari, Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang