Utamakan Kesehatan Petani, Mahasiswi KKNT UNDIP Desa Gempol Praktikkan Penanganan Keracunan Pestisida dan Penanganan Tergigit Ular

Desa Gempol, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (20/11/2022) –  Program sosialisasi pertolongan pertama keracunan pestisida dan pertolongan pertama apabila tergigit ular merupakan program pencerdasan kepada petani untuk menangani kejadian keracunan pestisida dan tergigit ular yang kerap terjadi di wilayah persawahan.

Desa Gempol merupakan salah satu desa penghasil padi dengan varietas rojolele. Sebagian besar masyarakat menanam padi rojolele masih menggunakan sistem pertanian non organik, tetapi ada juga yang sudah menggunakan sistem pertanian organik dengan hasil produk berupa beras organik. Adanya produksi beras non organik menandakan bahwa masih adanya pemakaian bahan kimia pada saat merawat padi termasuk pestisida. Mayoritas masyarakat Desa Gempol masih berprofesi sebagai petani sehingga keterpaparan pestisida tidak dapat dihiraukan terutama untuk petani padi non organik. Keterpaparan pestisida secara terus-menerus menimbulkan banyak efek negatif, salah satunya yaitu keracunan. Pengetahuan mengenai pertolongan pertama keracunan pestisida sangat diperlukan untuk mencegah adanya keterlambatan penanganan yang akan menimbulkan efek lebih berbahaya pada petani.

Selain keterpaparan pestisida, petani juga rentan tergigit ular dikarenakan wilayah persawahan kerap terdapat ular. Oleh karena itu pengetahuan mengenai pertolongan pertama tergigit ular sangat penting bagi masyarakat yang khususnya berprofesi sebagai petani di Desa Gempol. Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Tematik UNDIP berjalan dengan lancar. Kegiatan sosialisasi diawali dengan pemaparan materi mengenai bahaya pestisida, tata cara memberikan pertolongan pertama apabila keracunan pestisida, dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai jenis ular, cara membedakan gigitan ular berbisa dan tidak, lalu diakhiri dengan demonstrasi tata cara memberikan pertolongan pertama pada saat tergigit ular berbisa.   Dalam melakukan sosialisasi, mahasiswa KKN Tematik UNDIP juga membagikan leaflet yang berisi informasi mengenai materi yang dipaparkan. Sosialisasi dihadiri oleh 18 petani yang berasal dari Kelompok Tani Dewi Ratih I, Dewi Ratih II, Sri Mulih, dan GAPOKTAN. Para petani yang hadir sangat menyimak dan aktif dalam mengikuti sosialisasi dan demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa. Melalui program ini diharapkan para petani dan masyarakat Desa Gempol mampu untuk menerapkan tata cara memberikan pertolongan pertama keracunan pestisida dan tergigit ular secara baik dan benar sehingga dapat menghindari adanya keterlambatan pertolongan yang berakibat fatal.