Pentingnya Laporan Keuangan, Mahasiswi KKNT Undip Lakukan Edukasi Pembuatan Buku Laporan Keuangan dengan Baik dan Benar Pada PKK Desa Teluk Awur

Pelaksanaan Program Edukasi Pembuatan Buku Laporan Keuangan dengan Baik dan Benar Pada Bendahara PKK Desa Teluk Awur, Kamis (17/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

Teluk Awur, Kabupaten Jepara (21/11/2022) – Laporan keuangan adalah laporan yang berisi pencatatan uang dan transaksi yang dibuat dalam periode tertentu. Dengan adanya laporan keuangan, sebuah organisasi mengetahui keadaan keuangannya. Laporan keuangan sangat penting dalam sebuah organisasi. Hal tersebut dikarenakan kinerja para anggota organisasi dapat dipantau dari data tersebut. Laporan keuangan harus dibuat dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah penyusunan sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Laporan keuangan terkadang diabaikan karena kurangnya pengetahuan dalam penyusunannya. Di Desa Teluk Awur terdapat organisasi PKK yang dipimpin oleh Ibu Dwi selaku ibu petinggi Desa Teluk Awur.

Setelah mengadakan survey pada PKK Desa Teluk Awur yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022, terdapat kendala yang dialami oleh Ibu Fitri selaku bendahara PKK Desa Teluk Awur. Ibu Fitri merasa kesulitan dalam menyusun laporan keuangan karena belum mempunyai pengalaman sebagai bendahara organisasi sehingga ilmu mengenai penyusunan laporan keuangan terbatas. Selain itu, buku yang digunakan juga masih menggunakkan buku tulis dengan menggaris jurnal satu persatu. Oleh karena itu, dalam kegiatan KKN Tematik Undip Jepara 2022, Kurnia Alfina Riza mengedukasi penyusunan laporan keuangan dengan baik dan benar kepada bendahara PKK Desa Teluk Awur.

Penyerahan Buku Laporan Keuangan kepada Bendahara PKK Desa Teluk Awur, Kamis (17/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

Program edukasi pembuatan buku laporan keuangan dengan baik dan benar pada bendahara PKK Desa Teluk Awur dilaksanakan di kediaman Ibu Fitri dan didampingi oleh Ibu Dwi selaku ketua PKK pada hari Kamis, 17 November 2022. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan mampu diterima dengan baik oleh Ibu Fitri. Dengan adanya pembuatan buku laporan keuangan pada PKK Desa Teluk Awur sangat membantu kinerja bendahara PKK sehingga bendahara tidak perlu lagi membuat jurnal secara manual dan proses penyusunan laporan keuangan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Penulis : Kurnia Alfina Riza / 40011419650199 (Akuntansi Perpajakan – Sekolah Vokasi)
Dosen Pembimbing Lapangan : Kurniawan Teguh Martono, S. T., M.T.
Lokasi : Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara


#p2kkn #KKNTJepara2022 #p2kknundip #lppmundip #undip