Kreatif! Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Mengajak Gerakan Zero Waste Kepada Warga Desa Teluk Awur Jepara Dengan Mengolah Limbah Ikan Belanak Menjadi Pupuk Organik Cair (POC) Dengan Penambahan Biokatalisator EM4 Sebagai Upaya Menjaga Kelestarian Alam dan Lingkungan

Foto Produk POC Ikan Belanak bersama ketua ibu PKK RT 01 RW 01 Desa Teluk Awur
Sumber: Dokumen Pribadi

Teluk Awur, Jepara (24/11/2022) – Permasalahan limbah hasil perikanan di Kelurahan Teluk Awur yaitu limbah ikan belanak belum tertangani secara maksimal. Limbah ikan belanak yang terdiri dari kepala, jeroan, duri, dan sisik ikan belanak masih dibiarkan saja dan tidak diolah. Potensi limbah ikan belanak yang sedemikian besar sangat disayangkan sekali apabila hanya berakhir di tempat pembuangan sampah yang tidak hanya akan menimbulkan bau busuk yang menyengat, tetapi juga dapat mengganggu lingkungan serta pemukiman penduduk Teluk Awur.

Menurut Abun (2006), limbah hasil perikanan memiliki potensi baik berupa protein dan sebagainya yang dapat diolah secara kimiawi maupun biologi untuk menghasilkan produk yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis. Salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah memanfaatkannya dengan dijadikan sebagai pupuk organik cair (POC) yang mempunyai nilai tambah dengan memanfaatkan teknologi aplikatif.

Pupuk Organik Cair (POC) merupakan suatu bahan yang sangat diperlukan oleh berbagai jenis tanaman terutama untuk pertumbuhan batang, akar, daun, bunga, dan buah. Berbagai jenis nutrient dalam pupuk yang dibutuhkan oleh sebagian besar tanaman diantaranya nutrien makro seperti : N (Nitrogen), P (Phospor), K (Kalium), Ca (Kalsium), S (Sulfur) dan Magnesium (Mg) serta nutrien mikro seperti Mn (Mangan), Fe (Besi), Na (Natrium) dan Cl (Clorida). Kandungan hara seperti Nitrogen, Fosfor, dan Kalium organik di dalam tubuh ikan belanak mempunyai kelebihan bila dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya. Tulang ikan belanak memiliki kandungan Fosfor yang tinggi.

Mahasiswa Undip, Nasyriyatul Hana Novita, Teknik Kimia, Fakultas Teknik yang tergabung dalam Kelompok 2 KKN Tematik Jepara 2022 mengajak gerakan zero waste kepada warga Desa Teluk Awur untuk membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah ikan belanak. Pada Jumat, 18 November 2022 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC) dari limbah ikan belanak sebagai upaya pemanfaatan limbah hasil perikanan Kelurahan Teluk Awur. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan ibu-ibu PKK. Kegiatan ini diawali dengan pembagian brosur kepada ibu-ibu PKK, sosialiasi yang berisikan penjelasan mengenai bahan-bahan yang perlu digunakan dalam pembuatan pupuk dan prosedur pembuatan, kemudian dilanjutkan dengan mempraktikkan cara pembuatan POC dari limbah ikan belanak, dan diakhiri dengan sesi diskusi bersama.

Produk Pupuk Organik Cair (POC) yang sudah difermentasikan selama 14 hari
Sumber: Dokumen Pribadi
Brosur Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah ikan belanak
Sumber: Dokumen Pribadi

Di dalam proses fermentasi limbah ikan belanak yang dilakukan menggunakan fementasi anaerob. Fermentasi dilakukan secara anaerob dikarenakan biokatalisator berupa EM4 merupakan mikroorganisme anaerobic. Beberapa karakteristik visual yang terjadi selama proses fermentasi berupa aroma, gas, buih, warna, dan endapan. Selain terbentuknya gas di dalam botol fermentor, perubahan aroma pupuk organik cair juga terjadi. Pada awalnya, pupuk organik cair dari limbah ikan belanak memiliki aroma yang busuk dan seiring lamanya fermentasi akan berubah menjadi aroma masam dan berbau alkoholik khas fermentasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat Desa Teluk Awur tentang pentingnya mengurangi limbah hasil perikanan dengan mengubah menjadi produk bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi. Limbah ikan belanak mengandung senyawa organik yang dapat mendorong bakteri menguntungkan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Penulis                         : Nasyriyatul Hana Novita (Teknik Kimia, Fakultas Teknik)

Dosen Pembimbing     : Ir. Gentur Handoyo, M.Si.

Lokasi                         : Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara

#P2kkn #KKNTJepara2022 #lp2kknundip #lppmundip #undip