Warna-Warni Mading Kesehatan Karya Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Sebagai Jembatan Wawasan Baru Tentang Kesehatan pada Remaja Desa Teluk Awur

Penyerahan mading kesehatan secara simbolis kepada Ketua Posyandu Remaja “ASIAP” Desa Teluk Awur, Sabtu (19/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

Teluk Awur, Kabupaten Jepara (24/11/2022) Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja sering disebut masa terlabil, dimana seorang anak berusaha mencari jati dirinya. Dalam fase ini, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Saat memasuki masa remaja, seseorang akan cenderung memisahkan diri dari keluarga. Oleh karena itu, perlu ada pendampingan dan pembinaan agar remaja tidak terjerumus pada hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain disekitarnya. Sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi remaja, pemerintah menghadirkan posyandu remaja untuk mendampingi para remaja menghadapi fase-fase krusial dalam hidupnya.

Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan. Pemerintah Desa Teluk Awur secara resmi telah membentuk Posyandu Remaja “ASIAP” Desa Teluk Awur. Adapun kriteria kader posyandu remaja, yaitu berusia antara 10-18 tahun. Manfaat posyandu remaja antara lain yaitu memperoleh pengetahuan mengenai kesehatan, membekali remaja keterampilan hidup sehat, sebagai sarana sosialisasi remaja, dan kesehatan akan terus terpantau. Berhubung pembentukan posyandu remaja di Desa Teluk Awur masih tergolong baru maka dari itu fasilitas sarana dan prasarananya belum lengkap. Salah satunya yaitu dibutuhkannya gedung/ruangan yang khusus sebagai tempat berlangsungnya kegiatan posyandu remaja seperti pengisian kuesioner kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan kegiatan berbeda setiap bulannya. Salah satu sarana dan prasarana yang tidak kalah penting yaitu tempat penyampaian informasi tertulis seperti poster dan lainnya. Adanya kekurangan fasilitas tersebut, Mahasiswa KKN Tematik UNDIP berinisiatif membuat mading kesehatan posyandu remaja. Mading kesehatan tersebut dibuat menggunakan konsep pelestarian kerajinan ukir jepara karena jepara dikenal dengan kota ukir. Untuk tetap melestarikan budaya dan menjaga ciri khas Jepara. Mahasiswa KKN Tematik UNDIP mengedukasi kepada para remaja Desa Teluk Awur cara membuat mading kesehatan yang baik dan benar, seperti cara memilih kriteria kayu, mengukur ukuran yang dibutuhkan serta cara mengukir ukiran khas Jepara. Pembuatan mading kesehatan ini melibatkan masyarakat Desa Teluk Awur khususnya remaja untuk saling bertukar pikiran saat proses pembuatan.

Proses pembuatan mading kesehatan, Sabtu (12/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

“Saya sangat berterima kasih dengan adanya mading kesehatan ini dapat membantu penyampaian informasi kami kepada masyarakat Desa Teluk Awur khususnya remaja”, kata Muhammad Abdul Jabbar selaku Ketua Posyandu Remaja “ASIAP” Desa Teluk Awur,Jepara.

Penentuan lokasi pemasangan mading kesehatan bersama Kepala Desa Teluk Awur, Senin (21/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

Pada hari Senin (21/11/2022) Mahasiswa KKN Tematik UNDIP melakukan penyerahan dan penentuan letak pemasangan mading kesehatan di Balai Desa Teluk Awur. Setelah berkoordinasi dengan Bapak Rokhman, S.Pd.i selaku Kepala Desa Teluk Awur, mading kesehatan sudah terpasang dengan baik di tempat yang dianggap strategis. Harapannya dengan adanya mading kesehatan ini dapat menjadi jembatan informasi yang menarik kepada masyarakat Desa Teluk Awur khususnya remaja.  

Penulis                         : Muchammad David Rivaldy (Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur / Fakultas Sekolah Vokasi)

Dosen Pembimbing   : Dr.dr. Sri Winarni, M.Kes.

Lokasi                          : Desa Teluk Awur, kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara

#P2KKN #KKNTJepara2022 #LP2KKNUndip #LPPMUndip #Undip