Perdana! Mahasiswa KKN Tematik Undip Berhasil Menginisiasi Kegiatan Posyandu Remaja Desa Teluk Awur

Pelaksanaan program kerja “Pengoptimalan fungsi dan kinerja Posyandu Remaja Desa Teluk Awur”, Sabtu (19/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

Teluk Awur, Kabupaten Jepara (19/11/2022)Posyandu Remaja merupakan unit posyandu yang dibentuk untuk melakukan pelayanan kesehatan bagi remaja berusia 10-18 tahun. Namun, dikarenakan usia posyandu remaja yang tergolong baru menyebabkan posyandu remaja tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Permasalahan yang dihadapi oleh posyandu remaja seperti keterbatasan dana, keterbatasan fasilitas, kurangnya pengalaman, serta keterbatasan SDM, sehingga posyandu remaja Desa Teluk Awur tidak dapat melayani masyarakat remaja Desa Teluk Awur secara maksimal. Selain itu, kurangnya kesadaran dan kepedulian atau lebih tepatnya rasa cuek, bodo amat bahkan takut pada remaja Desa Teluk Awur terhadap posyandu remaja yang telah dibentuk.

Berdasarkan permasalahan tersebut, tim 5 KKN Tematik Undip menyusun Program Kerja Multi Disiplin yaitu Pengoptimalan Fungsi dan Kinerja Posyandu Remaja yang diharapkan dapat menjadi alternatif solusi penyelesaian masalah terkait ketidakberjalanan Posyandu Remaja Desa Teluk Awur. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi penyusunan Grand Design Organization (GDO) dan perancangan program kerja yang berkelanjutan bagi Posyandu Remaja. Sebagai salah satu bentuk realisasi dari rancangan program tersebut, Tim 5 KKN Tematik Undip menginisiasi kegiatan Posyandu Remaja untuk pertama kalinya berupa “Pertemuan dan Sosialisasi Terkait PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) Bersama Kelompok 5 KKN-T Jepara 2022”

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Sabtu (19/11/2022) bertepatan di Pendopo Balai Desa Teluk Awur dengan sasaran remaja Desa Teluk Awur berusia 10-18 tahun. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang remaja Desa Teluk Awur dan turut dihadiri oleh Ketua FKD (Forum Kesehatan Desa), Kader Kesehatan, serta Ketua dan Pengurus Posyandu Remaja Desa Teluk Awur. Pertemuan ini tersusun atas beberapa kegiatan, antara lain adalah pelaksanaan program kerja monodisiplin 6 mahasiswa KKN Tematik berupa sosialisasi visual 2D terkait PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja), sosialisasi menggunakan media KIE berupa poster dan lembar balik tentang PKPR, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Kesehatan Reproduksi, Bahaya Narkoba, dan Isi Piringku disertai dengan kuis dengan doorprize menarik. Selanjutnya, dilakukan penyerahan mading kesehatan secara simbolis kepada Ketua Posyandu Remaja. 

Pemeriksaan kesehatan oleh Pengurus Posyandu Remaja, Sabtu (19/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

Kegiatan berikutnya adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh pengurus Posyandu Remaja “ASIAP” Desa Teluk Awur didampingi oleh Kader Kesehatan meliputi pengukuran Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB), pengukuran tekanan darah, dan pengecekan kadar hemoglobin (Hb). Kegiatan tersebut disambut dengan baik oleh remaja Desa Teluk Awur, meskipun ada beberapa remaja yang merasa takut saat pengecekan kadar Hb. 

Penyerahan secara simbolis Dokumen GDO (Grand Desain Organization) & tanda pengenal lokasi Posyandu Remaja kepada Ketua Posyandu Remaja Desa Teluk Awur, Sabtu (19/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi
Penyerahan secara simbolis kenang-kenangan dari Tim 5 KKN Tematik UNDIP kepada Ketua Posyandu Remaja, Sabtu (19/11/2022)
Sumber : Dokumen Pribadi

“Terima kasih kepada tim 5 KKN Tematik Undip, kegiatan ini sangat membantu kami terutama dalam bidang administrasi, fungsi, dan kinerja kami sebagai Posyandu Remaja Desa Teluk Awur untuk menjadi lebih baik ke depannya.” ungkap Muhammad Abdul Jabbar selaku Ketua Posyandu Remaja Desa Teluk Awur.

Harapannya dengan adanya inisiasi kegiatan yang telah terlaksana tersebut, Pengurus Posyandu Remaja dapat melaksanakan rancangan program kerja berikutnya sebagai bentuk keberlanjutan program kerja dan pengoptimalan fungsi dan kinerja Posyandu Remaja Desa Teluk Awur. 

Penulis                    : Kelompok 5 KKN Tematik Jepara 2022

Dosen Pembimbing  : Dr. dr. Sri Winarni, M.Kes

Lokasi                      : Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara

#p2kkn #KKNTJepara2022 #lp2kknundip #lppmundip #undip