Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Berikan Sosialisasi Mengenai Desain Alat Penyortir Benih Ikan dengan Metode Mechanical Graders di Desa Telukawur, Jepara

Gambar 1. Sosialisasi Inovasi Alat Bersama Masyarakat Desa Telukawur, Jepara

Jepara (28/11/2022), Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kedaireka Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022, melakukan sosialisasi desain alat penyortir benih ikan dengan metode mechanical graders yang diikuti oleh warga RW 1 desa Telukawur Jepara dan dilaksanakan di pendopo balai desa pada Senin, 28 November 2022.

Wilayah pesisir Telukawur merupakan kawasan yang saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan. Budidaya perikanan merupakan salah satu kegiatan yang banyak ditemui di Telukawur. Salah satu tahapan dalam proses budidaya yaitu proses pembenihan. Pemilihan benih ikan merupakan fase yang penting dalam budidaya ikan, apabila hal tersebut tidak dilakukan dengan benar tentu akan menimbulkan dampak yang kurang menguntungkan misalnya, sifat alami ikan yaitu kanibalisme, dan dalam pemasaran benih ikan tentu harus dikelompokan sesuai ukuran ikan untuk pengelompokan harga jual setiap ukurannya. Namun kondisi di lapangan tahap penyortiran ini kerap dilakukan secara manual, sehingga menyebabkan tidak efisien dan kurang akurat.

Berdasarkan dari permasalahan tersebut, KKN Tematik Kedaireka Tim II Undip yang ditugaskan di desa Teluk Awur memberikan program kerja berupa penyampaian sosialisasi desain alat penyortir benih ikan dengan metode mechanical graders sebagai upaya untuk membantu warga dalam melakukan sortir benih ikan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan masyarakat.

Alat penyortir benih ikan dengan metode mechanical grades dapat menyortir ikan sesuai dengan ukuran yang dikehendaki dan mempunyai desain yang  sederhana serta mudah dalam penggunaanya. Cara kerja alat ini yaitu dengan setting ukuran stik/silinder penyortir yang dapat digeser dengan membuka mur pengunci sesuai dengan ukuran ikan yang akan disortir, kemudian ikan yang sesuai ukuran akan jatuh kedalam bak penampung dibagian bawah dan kemudian akan menuju penampung akhir.

Gambar 2. Leaflet Sosialisasi Desain Alat Penyortir Benih Ikan dengan Metode Mechanical Grades

Pelaksanaan kegiatan ini disambut baik oleh pihak warga desa Telukawur yang diharapkan dapat menjadi referensi alat penyortir benih ikan sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas masyarakat. Diharapkan desain alat penyortir ikan dengan metode mechanical grades dapat menjadi rencana yang direalisasikan kedepannya.

Penulis: Nurul Widiyanto – Teknik Mesin/Fakultas Teknik

DPL: Satriyo Adhy.S.Si., M.T.