SAYANGI NYAWA ANDA DENGAN SIGAP KESELAMATAN KERJA! MAHASISWA KKN TEMATIK UNDIP MEMBERIKAN PELATIHAN TERKAIT ”PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA” DAN EDUKASI ”RAMBU KESELAMATAN KERJA” KEPADA PEKERJA GALANGAN CV. LAKSANA ABADI

Batang (15/10/2022) – Dewasa ini, keselamatan kerja merupakan salah satu momok penting yang perlu diperhatikan dalam dunia kerja. Banyaknya kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh kelalaian maupun ketidaksengajaan yang terjadi di lingkungan kerja patutnya membuat kita menjadi lebih waspada. Berdasar Undang – Undang Keselamatan Kerja No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, telah dijelaskan bahwasannya pertolongan pertama apabila terjadi cedera merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan di lingkungan kerja, sehingga akan sangat berbahaya kepada keselamatan pekerja apabila tidak memiliki pengetahuan awal untuk mencegah cedera tersebut. Selain itu, adanya suatu bentuk rambu atau peringatan keselamatan kerja patutnya menjadi suatu hal yang diperhatikan oleh pihak pengelola, maupun dari pekerja itu sendiri.

ridho-1

Mahasiswa KKN Tematik Kabupaten Batang, telah melakukan wawancara kepada beberapa pekerja galangan yang berlokasi di Galangan Kapal Kayu CV. Laksana Abadi, dan mendapati hasil bahwasannya masih minim nya pengetahuan pekerja terkait pertolongan pertama beberapa cedera. Untuk itu, mahasiswa KKN Tematik Kabupaten Batang menginisiasikan suatu bentuk pelatihan sederhana yang diberikan kepada pekerja Galangan Kapal Kayu CV. Laksana Abadi, yang terdiri dari pelatihan pertolongan pertama untuk mengatasi cedera tulang patah, pendarahan parah, luka bakar, dan resusitasi jantung paru (CPR). Pelatihan ini diberikan secara bertahap kepada para pekerja di Galangan Kapal Kayu CV. Laksana Abadi berupa praktek langsung penanganan dengan bantuan media poster, yang selanjutnya poster berisi edukasi tersebut akan ditempelkan disekitar lokasi kerja galangan sebagai pengingat bagi para pekerja disana.

ridho-2

Selain itu, berdasar observasi lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik Kabupaten Batang, juga mendapati bahwasannya belum terdapat rambu yang menjelaskan dan menjadi panduan bagi pekerja terkait beberapa hal yang mungkin dapat membahayakan bagi para pekerja. Oleh karena itu, selain memberikan edukasi terkait penanganan cedera, mahasiswa KKN Tematik Kabupaten Batang juga memberikan edukasi dan pengenalan terkait rambu keselamatan kerja kepada para pekerja galangan CV. Laksana Abadi. Edukasi yang diberikan adalah berupa pengenalan secara umum beberapa rambu keselamatan kerja, dengan bantuan media berupa poster sederhana. Setelah memberikan edukasi kepada para pekerja, tidak lupa juga beberapa rambu keselamatan tersebut ditempelkan di beberapa lokasi CV. Laksana Abadi.
Harapannya, dengan adanya pelatihan terkait pertolongan pertama cedera, dan juga pemberian edukasi serta penempelan rambu keselamatan kerja di lingkungan kerja Galangan Kapal Kayu CV. Laksana Abadi, dapat meningkatkan kewaspadaan dari para pekerja akan keselamatan kerja, dan dapat mengurangi angka kecelakaan kerja yang terjadi di Indonesia.

Penulis: Ridho Sutan Prayoga (S1 Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)
DPL: Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si. dan Ocid Mursid, S.T., M.T.
Lokasi: CV. Laksana Abadi, Kelurahan Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang