Pentingnya menjaga kelestarian Sumber Daya Alam Laut dan Keanekaragaman Flora di Laut Indonesia, mahasiswa KKNT Lingkar Kampus Undip Memberikan Edukasi di Pos PAUD Mekar Jaya


Gambar 1 : Pelaksanaan Sosialisasi Kepada Guru Pos PAUD Mekar Jaya
Sumber : Dokumen Pribadi

Semarang, (16/11/2022) – M. Baihaki Lotfi V., Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Utama Universitas Diponegoro, Program Studi S1 Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, telah melakukan program monodisiplin “Sosialisasi Terkait Pemanfaatan Berikut dengan Cara Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam Laut dan Keanekaragaman Flora di Laut Indonesia yang Ditujukan Kepada Guru Pos PAUD Mekar Jaya.”

Pemanfaatan adalah suatu kegiatan, proses, cara atau perbuatan menjadikan suatu yang ada menjadi bermanfaat. Sedangkan, sumber daya laut adalah segala macam bahan yang berasal dari lautan dan mempunyai nilai, baik dari segi keindahan ataupun ekonomi.


Gambar 2 : Poster Terkait Pemanfaatan Berikut dengan Cara Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam Laut di Laut Indonesia

Gambar 3 : Poster Terkait Keanekaragaman Flora di Laut Indonesia

Dalam rangka memperkenalkan Sumber Daya Alam (SDA) laut dan menyadarkan akan pentingnya melestarikan Sumber Daya Alam (SDA) laut, M. Baihaki Lotfi V.  mahasiswa S1 Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,  Unversitas Diponegoro melalui KKN Tematik Lingkar Kampus Utama Undip ini melakukan sosialisasi terkait pemanfaatan berikut dengan cara menjaga kelestarian sumber daya alam laut dan keanekaragaman flora di laut indonesia yang ditujukan kepada guru Pos Paud Mekar Jaya yang berlokasikan di Kampung Seni Budaya Jurang Blimbing. Dalam pelaksanaan program kerjanya, Baihaki menjelaskan terkait pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) laut, memperkenalkan keanekaragaman flora di laut Indonesia, dan membagikan kiat-kiat dalam melestarikan Sumber Daya Alam (SDA) laut.

Dari pelaksanaan kegiatan program kerja ini, diharapkan para guru Pos PAUD Mekar Jaya dapat menambah materi mengajar mereka dengan memasukkan materi terkait pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) laut dan keanekaragaman flora bawah laut Indonesia yang sangat memukau, dan para guru juga dapat menanamkan kepada siswa-siswi Pos PAUD Mekar Jaya terkait gerakan membuang sampah pada tempatnya dan menerapkan 3R di desa mereka, karena hal tersebut adalah salah satu kiat-kiat dalam melestarikan Sumber Daya Alam (SDA) laut.

Penulis : M. Baihaki Lotfi V., Program Studi S1 Oseanografi  2019, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Triyono S.H., M.Kn

Lokasi : Kampung Seni dan Budaya Jurang Blimbing, Kec. Tembalang, Kota Semarang

#KKNTLingkarKampusUtamaUndip2022 #Undip #P2KKN #LPPMUndip #KKNUndip2022 #Potensidesa