Penyuluhan Pembuatan Desain Packaging untuk Menambah Kualitas Produk yang Akan Dipasarkan

Kegiatan Penyuluhan Design Packaging untuk Produk Ternak

Kendal (25/12/2022) – Ketika membeli sebuah produk, pastinya akan ada kemasan yang menutupi dan menjaga kualitas produk. Kemasan atau packaging adalah bagian penting dari manajemen produk. Karena, selain melindungi produk, packaging juga menjadi ciri-ciri dari produkmu yang bisa dikenali oleh konsumen. Artinya, tanpa packaging, bisa disimpulkan bahwa produk rentan rusak dan tidak bisa digunakan atau bahkan dikenali konsumen.

Potensi peternakan yang melimpah di Desa Turunrejo sayangnya tidak diimbangi dengan adanya pemahaman yang baik dalam memasarkan produk ternaknya. Walaupun kesadaran masyarakat untuk lebih meningkatkan pendapatannya sudah baik, tetapi tidak diimbangi dengan pemahaman mengenai cara pemasaran produk yang baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempercantik produk untuk menarik minat beli konsumen. Masalah tersebut mendorong mahasiswa KKNT Kendal guna melakukan program Penyuluhan pembuatan desain packaging untuk menambah kualitas produk yang akan dipasarkan. Program ini dirasa perlu guna meningkatkan daya jual produk dari peternak.

Progam edukasi tentang pembuatan desain packaging dilaksanakan di rumah ketua RW 8 Desa Turunrejo pada Minggu, 25 Desember 2022 dan berjalan sesuai dengan rencana yakni dimulai pukul 14.30 dan berakhir pada pukul 15.30WIB. Dalam kegiatan ini, dihadiri tidak terlalu banyak oleh peternak dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat, juga karena kesibukan para peternak sendiri dimana jadwal peternak tidaklah menentu. Dalam progam ini, edukasi disampaikan melalui presentasi langsung dengan bantuan packaging contoh yang disiapkan mahasiswa KKNT.

Contoh Design Packaging Produk Ternak

Hasil yang diharapkan dalam keberjalanan program ini adalah masyarakat dapat lebih sadar akan kemajuan teknologi dan dapat memanfaatkannya dengan baik demi meningkatkan daya jual dan daya saing dengan produk lainnya. Masyarakat juga diharapkan dapat mengetahui strategi yang baik untuk pemasaran produk ternaknya.