Kripik Tempe Bu Pardi, Salah Satu UMKM Kebanggaan Desa Bojongnangka

KKN Tim 1 Undip Desa Bojongnangka berkunjung ke rumah produksi Bu Pardi

            Pemalang – Rabu, 17 Januari 2018 Mahasiswa Tim KKN I Undip 2018 melakukan survey UMKM di desa Bojongnangka. UMKM yang disurvey kali ini, merupakan UMKM Keripik Tempe milik Ibu Pardi di dusun Tambakyuda, Desa Bojongnangka. Kegiatan Survey ini dilakukan pada sore hari pukul 16.00 WIB hingga 17.00 WIB di kediaman Ibu Pardi. UMKM Keripik Tempe telah digeluti oleh Keluarga Ibu Pardi sejak 2008 hingga sekarang dengan citarasa yang tidak perna berubah.

            Pembuatan Keripik Tempe dilakukan sendiri oleh Ibu Pardi dibantu oleh Suaminya tanpa bantuan karyawan. Ibu Pardi mengatakan “Saya memang sengaja tidak memiliki karyawan agar keripik tempe yang dihasilkan tetap memiliki citarasa yang khas, karena apabila dikerjakan oleh orang lain citarasa yang dihasilkan akan berbeda”. Ibu Pardi memulai pembuatan Keripik Tempe dari dini hari hingga siang hari. Lalu, ketika siang hari Keripik Tempe ini mulai dipasarkan. Biasanya, Keripik Tempe dipasarkan di warung warung makan di sekitar Pemalang. Selain itu, Ibu Pardi juga melayani pemesanan yang biasa dilakukan oleh warga sekitar desa yang sedang melangsungkan suatu acara.

            Keripik Tempe yang diproduksi dalam sehari bisa mencapai 80 bungkus, akan bertambah lagi jika dalam satu hari itu Ibu Pardi juga melayani pemesanan. Untuk satu bungkus Keripik Tempe kecil dihargai Rp 3.000,00 dan untuk bungkus besar dihargai Rp 8.000,00. Dalam satu bungkus Keripik Tempe kecil terdapat 5 slice keripik tempe yang berukuran kecil dan dalam satu bungkus Keripik Tempe besar terdapat 5 slice keripik tempe yang berukuran besar. Dalam pembuatannya, Ibu Pardi mengutamakan kualitas dari Keripik Tempe yang diproduksinya. Mulai dari minyak yang digunakan, tempe yang digunakan berasal dari langganan Ibu Pardi yang menurutnya lebih baik dari yang lain. Selain itu, dalam pembuatan Keripik Tempe, Ibu Pardi menambahkan taburan daun kucai untuk menambah kelezatan pada Keripik Tempe. Hal ini juga yang menjadi ciri khas Keripik Tempe Ibu Pardi. Gurih dan renyah keripiknya, bergizi dan khas rasa Tempenya. Hayuuuu diborong Keripik Tempenya.

Kripik Tempe Bu Pardi

Editor : Dr. Abdul Syakur, ST. MT.