Pahlawan Perlintasan Desa Tlogorejo

Perlintasan Kereta Api

Pos jaga darurat di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di wilayah perbatasan Desa Tlogorejo dan Tegowanu kulon , Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan.

Petugas perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Kecamatan Tegowanu membuat pos jaga darurat. Pos jaga itu bertujuan agar mereka tidak kepanasan dan kehujanan saat membantu pengguna jalan yang hendak menyeberang rel ganda kereta api (double track).

Pos jaga darurat itu dibuat sederhana di tepi rel kereta api, sehingga ketika ada bunyi sirine kereta api, penjaga dapat mendengar dan melihat warga yang akan melintas. Tak adanya palang pintu membuat petugas harus selalu bersiap untuk menjaga perlintasan rel tersebut.

Seandainya tidak ada pos jaga ini, dimana petugas rela berpanas-panas di bawah terik matahari supaya pengguna jalan yang melintas di perlintasan rel kereta api bisa selamat sampai tujuan.

Khoirul salah satu relawan asal desa tlogorejo saat kami wawancari menuturkan “Menurutnya, di saat Indonesia sudah merdeka tapi masih saja ada sarana pelayanan umum yang memprihatinkan.”

Keberadaan warga yang merupakan sukarelawan penjaga pintu rel KA ini diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan selalu waspada manakala akan ada kereta yang melintas.

Sebelum tahun 2017, banyak sekali terjadi kecelakaan karena kelalaian pengendaran yang melintas tanpa melihat kiri dan kanan saat akan menyebrang perlintasan di perbatasan antara desa tegowanu kulon dan desa tlogorejo.

Reporter: TIM 1 KKN UNDIP DESA TLOGOREJO

Editor: Rachma Purwanti