Peningkatan edukasi bullying pada masyarakat sebagai upaya mempererat interaksi sosial

Kumpul Rejo, Kendal – Maraknya kasus bullying yang terjadi pada anak dan remaja di Indonesia menjadi latar belakang kenapa edukasi ini dilaksanakan. Tindakan bullying harus dihilangkan dari budaya di masyarakat Indonesia. Bullying yang kerap terjadi membuat korban depresi dan berkurangnya rasa kepercayaaan diri pada seseorang sangatlah memicu perkembangan psikis si anak tersebut.

Kegiatan diadakan pada tanggal 10 Februari 2016. Sosialisasi tentang bullying ini dilakukan oleh TIM Pengabdian Masyarakat Undip kepada warga desa terutama oranga tua dan anak – anak. Materi pertama yang dipaparkan yaitu bagaimana undang-undang di Indonesia menyikapi tindak kasus bullying pada anak usia dini. materi kedua yaitu dampak psikologis terhadap karakter anak tersebut. materi yang ketiga yaitu tentang tanamkan rasa saling menghargai terhadap teman-teman disekolah dan materi keempat yaitu pentingnya peran orang tua dalam mengawasi anak – anaknya dalam bergaul di lingkungan sekitarnya.

Dengan adanya sosialisasi ini dapat mengurangi kasus tindak bullying pada anak usia dini, dan harapannya anak-anak usia dini dapat mempererat interaksi sosialnya.