Penerapan GEMARI ( Gerakan Makan Ikan) Pada Anak Guna Memperbaiki Gizi Anak Bangsa

Gerakan Makan Ikan telah dilaksanakan di Desa Mororejo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen. Kegiatan tersebut merupakan program kerja dari Tim Pengabdian Masyarakat UNDIP 2016. Dengan penerapan GEMARI (Gerakan Makan Ikan) dapat memperbaiki gizi dari anak-anak desa Mororejo yang sedang dalam masa pertumbuhan dimana masa tersebut membutuhkan banyak asupan gizi, dimana sebelumnya dari survei yang tim pengabdian masyarakat lalukan konsumsi ikan di desa mororejo sangat rendah, mengakibatkan asupan gizi anak tidak terpenuhi.

Acara dilaksankan pada hari Minggu, 20 Februari 2016, pukul 09.00 di balai desa setempat dengan audiens berupa ibu dan anak warga setempat. Acara dimulai dengan pemaparan mengenai Gerakan Makan Ikan (GEMARI), yang berisi pemaparan tentang pentingnya mengkonsumsi ikan di masyarakat, terutama ikan lele yang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah diperoleh.

Banyaknya pertanyaan dari warga seputar pengolahan ikan. Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan cara pengolahan ikan yang baik sehingga daging ikan tidak rusak dan tetap sehat dikonsumsi serta memiliki kandungan gizi yang baik setelah melewati proses pengolahan.