Pemanfaatan Produk Fermentasi Kaya Beta Karoten Sebagai Pengganti Sebagian Jagung Dalam Ransum Ayam

Jagung mempunyai multi fungsi yaitu sebagai sumber bioenergi (fuel), makanan manusia (food) dan sebagai pakan ternak (feed). Kondisi sekarang mengindikasikan bahwa stok jagung sudah berada dalam kondisi memprihatinkan dan jagung sebagai feed tentu akan menjadi korban. Oleh karena itu perlu upaya mencari pengganti sebagian atau seluruhnya fungsi jagung sebagai pakan ternak.

Berlatarbelakang masalah tersebut, mahasiswa TIM Pengabdian Masyarakat UNDIP Desa Duyungan melaksanakan kegiatan pemanfaatan produk fermentasi kaya beta karoten sebagai pengganti sebagian jagung dalam ransum ayam. Melalui teknologi fermentasi dengan kapang Neurospora crassa (berwama kuning orange) maka diharapkan dihasilkan produk onggok fermentasi yang kaya β karoten sehingga dapat digunakan sebagai pakan altematif pengganti jagung.

Kegiatan tersebut berlangsung tanggal 22 Februari 2016 di balai desa Duyungan dengan diikuti para warga desa Duyungan. Antusiasme dari warga desa dapat terlihat dengan semangat dalam mendengarakan penjelasan dari TIM Pengabdian Masyarakat UNDIP tentang cara pengolahan ransum ayam dari fermentasi. Dilakukan juga praktek membuat ransum ayam fermentasi oleh mahasiswa bersama warga desa. Diharapkan setelah diadakan kegiatan ini, apa yang sudah dijelaskan dapat segera diimplementasikan.