Perancangan Model Evaluasi Autentik Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study di SD Caturanom
Senin, 11 Juli 2016 – Penilaian autentik adalah istilah yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah. Sekaligus, mengekspresikan pengetahuan dan keterampilannya dengan cara mensimulasikan situasi yang dapat ditemui di dalam dunia nyata di luar lingkungan sekolah (Hymes, 1991). Penilaian autentik dapat dibuat oleh guru sendiri, guru secara tim, atau guru bekerja sama dengan siswa. Dalam penilaian autentik, keterlibatan siswa sangat penting. karena penilaian itu merupakan bagian dari proses pembelajaran, guru dan peserta didik berbagi pemahaman tentang kriteria kinerja.
Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning (pembelajaran timbal balik) dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran untuk membangun komunitas belajar. Lesson study banyak diterapkan karena sangat efektif bagi pengajar dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu Tim Pengabdian Masyarakat UNDIP di Desa Caturanom, ingin menerapkan penilaian autentik dan lesson study ini dalam bidang matematika di SD Caturanom, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Bekerja sama dengan guru – guru yang mengajar di SD tersebut, dan ikut mendukung kegiatan ini.