Optimalisasi Pendataan Dan Perhitungan Struktur Jamban Untuk Rumah Sehat

Kebondalem – Sabtu, 29 Juli 2017, mahasiswa Undip mengadakan kegiatan pemaparan materi mengenai Peningkatan Pengetahuan Warga Desa Kebondalem Terhadap Pentingnya Rumah Sehat dalam Kehidupan Sehari-Hari. Kegiatan ini dilakukuan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat desa Kebondalem akan pentingnya memiliki tempat tinggal yang sehat. Pemaparan materi program rumah sehat dilaksanakan di kediaman pak carik (Sekretaris Desa) pada pukul 20.00 WIB bertepatan setelah acara perkumpulan ketua RT.

Kegiatan ini dihadiri oleh semua ketua RT di desa Kebondalem dan perwakilan warga. Dengan jumlah peserta 20 orang. Kegiatan ini diawali dengan perkenalan mahasiswa beserta program yang akan disampaikan. Kemudian dimulai dengan pemaparan program mengenai Peningkatan Pengetahuan Warga Desa Kebondalem Terhadap Pentingnya Rumah Sehat dalam Kehidupan Sehari-Hari. Setelah pemaparan materi selesai dilakukan, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan sharing antara pemateri dan setiap warga mengenai keadaan tempat tinggal masing-masing dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Pada sesi ini terjadi interaksi dua arah yang sangat baik karena beberapa warga mau untuk berbagi mengenai keadaan tempat tinggalnya. Terdapat banyak pertanyaan dari warga yang disampaikan ke pemateri mengenai desain dan fungsi dari rumah sehat, mulai dari bagaimana memilih desain rumah yang ramah lingkungan, bagaimana cara mengatur sistem air bersih dan sirkulasi udara di rumah yang baik, hingga bagaimana penempatan sanitasi dan septic tank di lingkungan rumah yang baik dan benar.

65

(Pemaparan materi rumah sehat kepada warga)

Dengan adanya program ini diharapkan kepada warga desa Kebondalem supaya lebih memahami dan mendukung dalam memiliki tempat tinggal yang sehat. Untuk kemudian dilakukan penerapan pada rumah mereka masing-masing. Pemateri juga mendorong untuk warga yang telah memilik rumah untuk lebih memperhatikan lingkungan sekitar rumah yang dapat berpengaruh untuk terciptanya tempat tinggal yang sehat. Dan respon dari warga dan ketua-ketua RT yang dapat sangat positif dan mengapresiasi pemaparan materi ini karena sangat efektif, tepat kebutuhan, dan tepat sasaran. Materi yang disampaikan juga cenderung mudah untuk dipahami dan memiliki efek yang cukup besar untuk kehidupan masyarakat sehari-hari.

Editor : Dr. Diana Nur Afifah, STP, MSi