Pendampingan Kader Peduli BUMIL RISTI

Pada hari kamis tanggal 17 Juli 2017 pada pukul 08:00 WIB di Posyandu Lestari 2 Desa Pedagangan, tim mahasiswa Undip mengawali program dengan pengukuran berat badan kemudian dilanjutkan dengan pembagian modul dan sosialisasi ke masing-masing orangtua balita. Sosialisasi yang di lakukan bertujuan untuk membuka wawasan orangtua dalam hal cara pengukuran dan pemantauan  berat badan, panjang badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan atas “Si Kecil”. Di penghujung kegiatan Posyandu tim mahasiswa Undip melakukan pemberdayaan kader tentang penggunaan KPSP (Kuisioner Pra Skrining Perkembangan) sebagai salah satu alat yang dapat digunakan untuk Skrining perkembangan anak. Untuk mengakhiri program tim mahasiswa Undip melakukan  pemeriksaan tensi dan terhadap kader-kader Posyandu.

177
Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat beberapa ibu hamil dengan risiko tinggi di Desa Pedagangan ,sehingga di perlukan suatu terobosan yang dapat mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap ibu dan bayi selama masa kehamilan dan persalinan. Oleh karena itu tim mahasiswa Undip melaksanakan program yang dapat menyadarkan masyarakat terutama ibu hamil mengenai pentingnya mendeteksi risiko kehamilan sejak dini sehingga mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

Program yang dilaksanakan oleh tim mahasiswa Undip meliputi sosialisasi mengenai pentingnya pemerikasaan kehamilan secara rutin, kriteria ibu hamil risiko tinggi, dan bahayanya, serta pengetahuan tentang ASI eksklusif, cara menyusui yang benar, penyimpanan ASI perah, dan kesehatan selama masa nifas.  Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan fisik sederhana terhadap bumil risti.

Pada hari kamis tanggal 17 Juli 2017pukul 08.00 di Posyandu Lestari 2 Desa Pedagangan, tim mahasiswa Undip mengawali  rangkaian kegiatan dengan membagikan leaflet dan melakukan sosialisasi kepada ibu hamil yang datang ke Posyandu. Sedangkan untuk ibu hamil yang tidak datang ke Posyandu, tim mahasiswa Undip didampingi bidan desa melakukan kunjungan secara door to door  ke rumah masing-masing ibu hamil. Saat kunjungan ibu hamil, tim mahasiswa Undip melakukan hal yang sama seperti di Posyandu ditambah dengan pemeriksaan fisik sederhana kepada ibu hamil tersebut. Selain pemeriksaan terhadap ibu hamil juga dilakukan pemeriksaan tensi kepada kader-kader kesehatan yang ada di Posyandu.

Editor : Ir. Murni, MT.