Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembuatan Lilin Wangi Aroma Terapi Sebagai Upaya Diversifikasi Produk Olahan Kopi

Kalirejo, Kendal (4/02/2017) – Lilin wangi aromaterapi merupakan sebuah lilin yang bermanfaat menjadi pewangi ruangan, menenangkan fikiran, dapat pula untuk mengusir serangga. Lilin aromaterapi dapat dibuat melalui bahan-bahan yang sering kita temui dan gunakan. Tim Pengabdian Masyarakat UNDIP Desa Kalirejo mengadakan program yaitu pembuatan lilin aromaterapi yang dibuat menggunakan bahan yang mudah ditemui seperti olahan kopi. Dalam percobaan ini bahan utama yang diperlukan ialah parafin akan tetapi dipedesaan parafin sulit untuk ditemui, maka dari itu dapat digunakan lilin berwarna putih biasa yang biasanya memiliki fungsi sebagai lilin dikala listrik padam. Digunakannya lilin putih karena lilin tersebut tidak memili aroma khusus.

Kemudian sebagai aromaterapi diperlukan pewangi. Pewangi untuk lilin dapat dijumpai di toko kimia, akan tetapi dipedesaan susah untuk mencari pewangi untuk lilin, oleh sebab itu ada alternatif lain yaitu pewangi tersebut dapat dibuat sendiri menggunakan bahan alami yaitu olahan kopi. Bahan untuk pewangi tersebut ialah menggunakan olahan kopi jenis apa saja. Mula-mula biji kopi tersebut dijemur kemudian digerus hingga halus. Setelah itu olahan kopi tersebut dicampurkan air sekaligus disaring kemudian diamkan selama 24 jam. Setelah 24 jam pada permukaan tempat air perasan jeruk akan ditemui minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai pewangi lilin. Kemudian sebagai pewarna diperlulan pewarna tekstil namun karena sulit ditemukan ada pula alternatif lain yaitu menggunakan crayon/pewarna yang dihaluskan.

Program pembuatan lilin aromaterapi ini dilakukan pada tanggal 4 februari 2017 pukul 8.00-10.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi bagaimana cara membuat lilin aromaterapi , kemudian dilakukan demonstrasi bagaimana cara pembuatan lilin aromaterapi tersebut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ibu-ibu lebih dapat mempraktekan ulang bagaimana cara membuat lilin aromaterapi dengan memanfaatkan bahan yang sering kita jumpai.