Pendampingan Pengajaran Pembuatan Nugget Ikan Lele kepada PKK Desa sebagai Upaya Peningkatan Konsumsi Ikan dan Diversifikasi Olahan Produk Perikanan

Ungaran – Semarang, Pembuatan nugget yang berasal dari lele adalah salah satu contoh program diversifikasi produk olahan ikan di Desa Ungaran. Program yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Undip 2017 bertempat di Balai Desa dengan cara memberikan brosur kepada ibu PKK yang berisi tentang kandungan gizi lele, alat, bahan lalu cara pembuatan serta pembagian sampel nugget lele kepada ibu – ibu PKK. Setelah itu dilakukan sosialisasi kepada ibu PKK dan dilakukan sesi tanya jawab seputar cara pembuatan nugget lele.

Beberapa ibu PKK menanyakan tentang cara pembuatan nugget lele apakah bisa dilakukan dengan menggunakan bahan ikan lain atau tidak, tentu saja nugget lele bisa digantikan bahannya dengan ikan lainnya ataupun ditambahkan bahan sayuran untuk menambah nilai gizi dari nugget ikan tersebut, beberapa dari mereka ada juga yang mengusulkan untuk mencoba mempraktekannya pada bulan depan, ada juga yang mengusulkan kalau nugget ikan digunakan untuk cemilan untuk anak-anak mereka agar terhindar dari kebiasaan jajan sembarangan yang ada didekat sekolah atau tempat mengaji agar lebih higienis.

Ibu PKK terlihat antusias untuk mencoba membuat nugget dari ikan. Diharapkan dengan antusiasnya ibu PKK untuk membuat nugget ikan dapat meningkatkan pendapatan warga desa ataupun meningkatkan nilai gizi untuk anak-anak mereka jika program diversifikasi pengolahan ikan ini bisa dimanajemen dengan baik dan juga berkelanjutan.