Penyuluhan Perintisan Upaya Pemanfaatan Sampah dengan Prinsip 3R menjadi Kerajinan Tas Daur Ulang untuk Mewujudkan Masyarakat Peduli Sampah

Pati, 12 Februari 2017 – Mahasiswa TIM Pengabdian Masyarakat UNDIP Desa Sumberejo melakukan penyuluhan untuk upaya pemanfaatan sampah, dengan pesertanya adalah masyarakat desa itu sendiri.  Mahasiswa juga mengenalkan prinsip 3R  dalam pengolahan sampah. Prinsip 3R, yaitu :

  1. Mengurangi (Reduce)

Meminimalisir barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan.

  1. Menggunakan kembali (Reuse)

Pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang sekali pakai, lalu buang.

  1. Mendaur ulang (Recycle)

Barang-barang yang sudah tidak berguna didaur ulang lagi. Tidak semua barang bisa didaur ulang, tetapi saat ini sudah banyak industri kecil dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain contohnya kerajinan. Upaya melaksanakan mendaur ulang limbah (Recycle) menjadi karya kerajinan tangan, berarti sudah dapat mengatasi masalah lingkungan yang mengganggu kehidupan. Selain itu dapat pula dimanfaatkan sebagai wadah penyaluran hobi keterampilan, kreatifitas, dan menumbuhkan jiwa wirausaha.

Pada kegiatan ini mahasiswa juga mengajak masyarakat desa yang hadir di balai desa, untuk melakukan daur ulang sampah menajdi tas dalam rangka mewujudkan masyarakat peduli sampah, dan juga bisa untuk meningkatkan kreatifitas. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat desa sumberejo bisa menjadi semakin kreatif dalam melakukan pengolahan sampah.