Pendampingan Pembuatan Dokumen Analisis SWOT UMKM di Desa Karangaji dengan Model Poster
Jepara, Analisis SWOT merupakan sebuah analisis yang penting untuk dilakukan bagi bisnis UMKM. Mengapa demikian? Analisis SWOT adalah sebuah bentuk perencanaan strategi bisnis yang diambil dari 4 sisi utamanya, SWOT, Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan/Peluang) dan Threat (Ancaman). Memiliki ide untuk membuat sebuah usaha atau produk bisa di katakan gampang-gampang susah. Karena ketika kita sudah bisa menentukan usaha apa atau barang apa yang akan kita jalankan atau jual di pasaran, terkadang kita binggung untuk siapakah produk tersebut atau target dari usaha tersebut. Sebelum memasarkan sebuah produk ke pasaran atau menjalankan sebuah usaha, sebaiknya terlebih dahulu Anda ketahui dari segi kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi pemasaran produk Anda atau usaha yang akan dijalankan.
Bagi bisnis UMKM, manfaat analisis SWOT perusahaan sendiri adalah sebagai strategi penentu masa depan keberlangsungan bisnis UMKM. Bagaimana sebuah perusahaan menjalankan strategi misinya untuk mencapai tujuan (visi) perusahaan. Analisis SWOT untuk UMKM ini dapat dugunakan oleh stakeholder untuk mengetahui kondisi faktor internal dan eksternal dari perusahaannya. Dengan melihat vitalnya sebuah metode untuk keberlangsungan sebuah bisnis ini maka tim pengabdian masyarkat univeristas diponegoro pada bulan februari 2016 melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM agar dapat mengenali potensi potensi dalam keberlangsungan bisnis. Menurut ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat, Mereka dalam hal ini adalah pelaku UMKM perlu tahu bagaimana membuat analisis ini, mengingat hal ini sangat penting untuk membekali mereka dalam membuat strategi-strategi manajemen dalam usahanya. Seringkali kita lupa bahwa banyak di antara teman-teman UMKM tidak tahu analisis SWOT sementara kita sudah banyak bicara mengenai strategi manajemen untuk mereka.
untuk mengingatkan pelaku UMKM akan apa yang akan dilakukan dalam keberlangsungan bisnis maka dalam kegiatan pendampingan ini, tim mengharuskan setiap pelaku UMKM untuk membuat analisis SWOT dengan menggunakan model poster. Setelah selesai maka poster tersebut wajib di pasang di lokasi UMKM. Dengan memasang poster dari analisis SWOT di lokasi yang startegis maka setiap orang yang berada di dalam industri tersebut dapat memahami apa yang harus dilakukan. Di akhir kegiatan ini setiap peserta diwajibkan untuk membuat analisis dari UMKM dengan menggunakan metode SWOT