PERANCANGAN BIAYA PERHITUNGAN OPERASIONAL DAN PENCATATAN SEDERHANA DESA SUCEN, GEMAWANG, TEMANGGUNG

Gemawang, Temanggung – 23 Agustus 2016 Mahasiswa UNDIP melaksanakan kegiatan tentang edukasi pencatatan sederhana yang ditujukan untuk pemilik UMKM di Desa Sucen. Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi beberapa rumah pemilik UMKM di Desa Sucen. Jumlah pemilik UMKM yang didatangi sebanyak 10 rumah. Dimana dalam kegiatan ini membahas tentang bagaimana cara melakukan perancangan perhitungan biaya operasional dan pencatatan sederhana yang sederhana untuk pemilik UMKM.

Kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB dengan mendatangi rumah masing masing pemilik UMKM hingga 16.00 WIB yang berlangsung selama 2 hari berturut-turut. Selama proses pemberian buku pedoman dan pelatihan, para pemilik UMKM sangat antusias dalam menyimak pemberian sedikit pengetahuan tentang pembukuan sederhana.

Dengan adanya edukasi tentang pembukuan sederhana ini, diharapkan para pemilik UMKM dapat mengaplikasikan apa yang telah di peroleh ke dalam praktek nyatanya. Sehingga, para pemilik UMKM dapat mengetahui hasil usahanya dan dapat terus melakukan pembukuan masukan ataupun pengeluaran demi pengelolaan keuangan yang baik..