PENDAMPINGAN PERANGKAT DESA GUNUNGSARI DALAM PENGOLAHAN DATA STATISTIK SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN DESA PINTAR

Pulosari – Mahasiswa dari Universitas Diponegoro melakukan pemberdayaan warga desa Gunungsari dengan memberi edukasi kepada perangkat desa Gunungsari dalam pengolahan data statistik sebagai upaya pembentukan desa pintar. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Egy Farandika Saputra, mahasiswa jurusan Statistika, Fakultas Sains dan Matematika yang dilaksanakan pada hari Kamis (24/08/2017) di Kepala Desa Gunungsari.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi pentingnya data, utamanya untuk perangkat karena yang dibutuhkan warga dan beberapa pihak merupakan data yang dimana data tersebut salah satu hal terpenting yang bisa mewakili kebutuhan pihak terkait. Kegiatan dimulai pada jam 10.00 WIB dengan diawali edukasi data. Edukasi yang diberikan berupa pentingnya suatu data untuk kebidupan sehari-hari dikarenakan data merupakan suatu fakta yang benar-benar bisa dipertanggung jawabkan. Kegiatan ini diikuti oleh 2 perangkat desa yang umurnya relatif muda serta Kepala Desa. Perangkat yang menghadiri merupakan perangkat muda sehingga untuk kedepannya perangkat tersebut dapat meneruskan kepengurusan yang akan datang.

Setelah melakukan edukasi data dilanjutkan dengan latihan simulasi dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel. Perangkat lunak ini merupakan perangkat dasar pengolahan data dan diharapkan perangkat terkait dapat menguasainya sehingga pekerjaan perangkat lebih mudah dalam pendataan. Kegiatan ini berakhir pada jam 12.00 WIB dan sangat di apresiasikan oleh perangkat, terutama Kepala Desa mengatakan, “ya program ini bagus, utamanya untuk para perangkat muda untuk memudahkan tugasnya. Apalagi data ini memang penting karena seringkali pihak kecamatan atau kabupaten datang untuk meminta data dan seringkali juga kita harus mencari-cari datanya. Kan jika sudah diatur begini (dalam bentuk softfile) tidak susah lagi”