Pembuatan Desain Spot Selfie Untuk Meningkatkan Pesona Wisata Desa Karangmoncol

Randudongkal – Senin (20 Agustus 2017) Desa tidak hanya menjadi penonton dalam pembangunan tetapi harus menjadi pelaku dalam kegiatan pembangunan itu sendiri. Perlunya penggalian potensi di desa yang mampu dikelola dan dikembangkan bersama oleh pemerintah desa dan masyarakat desa itu sendiri.

Salah satu sektor potensi yang dapat dikembangkan yaitu parawisata. Terdapatnya spot wisata yang merupakan potensi desa yang saat ini masih belum dikembangkan oleh masyarakat desa. Desa Karangmoncol yang sudah unggul dalam sektor pertanian maupun peternakan, sedang mencoba potensi sebagai desa wisata.

Menurut pernyataan dari salah satu pengurus karang taruna di desa ini, rencananya objek tersebut akan dijadikan sebagai lokasi untuk spot selfie alam. Pembentukan desa wisata ini dapat membuat desa Karangmoncol mandiri, karena pendapatan yang didapatkan dari mengembangkan potensi alam yang dimiliki oleh desa. Untuk mendukung rencana tersebut,  mahasiswa Undip bersama dengan pemuda dan pengurus karang taruna desa melakukan kegiatan bersih-bersih objek wisata Karangmoncol. Kegiatan tersebut terdiri dari membersihkan sampah-sampah yang terbawa arus sungai maupun berada di pinggir sungai, selain itu juga merapihkan bebatuan supaya tidak mengganggu jalur arum jeram nantinya.

Kegiatan bersih-bersih objek wisata ini merupakan permulaan dari pembentukan desa wisata di Desa Karangmoncol.