Pola Hidup Sehat Tentang Hipertensi

SARIREJO, GROBOGAN — Jumat, 20 Juli 2018, pukul 15.00 – 16.30 Tim KKN II Universitas Diponegoro Desa Sarirejo, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan melaksanakan sosialisasi pola hidup sehat tentang hipertensi. Sosialisasi ini merupakan program monodisiplin dari R.AjDwi kurniawatio SMJ, mahasiswi Kedokteran, Fakultas Kedokteran.

Alasan dipilihnya sosialisasi ini adalah ketika dilakukan survey di Puskesmas Ngaringan dan Posyandu lansia didapatkan data bahwa banyak warga desa Sarirejo yang memiliki penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sosialisasi dimulai dari pengertian hipertensi yaitu keadaan dimana terganggu nya mekanisme pengaturan tekanan darah, yaitu diatas 140/90 mmHg. Hipertensi disebut juga dengan penyakit silent killer dikarenakan  tanda dan gejala yang kurang khas merupakan penyebab kematian tertinggi kedua di Indonesia.

Hipertensi bisa disebabkan oleh banyak faktor yaitu Jenis kelamin, obesitas, stres, konsumsi garam yang berlebihan, genetik (keturunan), alkohol, merokok dan kafein. Sosialisasi ini mendapat antusiasme yang besar dari warga. Sebagian besar warga masih belum mengerti tentang Hipertensi dan dampak dari penyakit hipertensi yang tidak pernah diobati bagi organ tubuh yang lain.

Oleh : KKN UNDIP Tim II Desa Sarirejo

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi