Gerakan SADAS (Sadar Cerdas) Menonton Televisi bersama Orang Tua dan Siswa PAUD Desa Sundoluhur

sundoluhur 8
Pemaparan oleh Dwi Nugrahini

PATI, 27/07/2018-Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Jurusan Ilmu Komunikasi menyampaikan program mengenai “Sadar Cerdas Menonton TV” kepada orang tua dan siswa PAUD di desa Sundoluhur,Pati,Jawa Tengah.

Seiring berkembangnya zaman, kreativitas seseorang juga semakin beragam yang artinya kebebasan berekpresipun tidak bisa dibatasi. Saat ini, dunia pertelevisian menampilkan berbagai tayangan dan menjadikan anak-anak kadang terlepas dari pengawasan orangtua saat menontonnya, begitu pula pengetahuan orangtua yang terbatas mengenai simbol-simbol yang ditampilkan dapat menimbulkan sifat & sikap yang negatif bagi anaknya.

Pada hari Jumat, 27 juli 2018 dilakukan kegiatan Literasi Media “Gerakan SADAS (Sadar Cerdas) Menonton Televisi” oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Sundoluhur. Kegiatan ini bertempat di balai desa Sundoluhur, kecamatan Kayen yang dihadiri oleh 45 siswa PAUD beserta walinya, serta 5 orang guru pendamping.

sundoluhur 9
Peserta yang menyimak dengan baik pemaparan materi

Alasan dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah dapat dilihat dari banyaknya anak yang masih duduk dibangku PAUD/TK/SD di Desa Sundoluhur menampilkan sikap agresif, seperti menendang, memukul, berbicara kasar terhadap orang lain, serta banyaknya orangtua yang membebaskan anaknya melihat tayangan ber-genre apa saja yang sebenarnya tidak boleh dilihat diusianya.

Selain bebas menonton tayang televisI, anak-anak dibawah umur Desa Sundoluhur yang dengan bebas dan tanpa batas waktu bermain gadget, dan alasan orangtua membiarkannya supaya anakanya tidak menangis dan tidak keluar rumah. Padahal alasan seperti itu adalah alasan yang tidak benar, tanpa mereka sadari akan menimbulkan masalah seperti sikap agresif sebab pada usia ini “Golden Age” sikap meniru apa yang ia lihat  dan dengar sedang berjalan. Hal negatif lainya adalah penurunan kapasitas otak, obesitas, sikap anti sosial, peningkatan kriminalitas. Oleh karena itu salah satu mahasiswa KKN Desa Sundoluhur Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP bernama Dwi Nugrahini memberikan pemahaman yang lebih mengenai bijak memilih tayangan televisi dan untuk menunjang serta mengingatkan akan simbol televisi kepada para orang tua, diberikan poster untuk ditempel dan dibawa pulang ke rumahnya, supaya selalu ingat simbol-simbol tersebut. Kegiatan ini berjalan dengan lacar serta para orangtua memerhatikan dengan seksama, dan diharapkan dapat merubah sedikit demi sedikit kebiasaan orangtua supaya lebih berhati-hati serta selalu mengawasi apa saja yang ditonton anaknya.

Reporter : Dwi Nugrahini

Editor: Dewi Saraswati Sakariah