Sosialisasi Pengenalan Pentingnya Manfaat BPJS Kesehatan untuk Masyarakat Dusun Batur

Salah satu program dari pemerintah Indonesia untuk mensejahterakan rakyatnya adalah dengan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penting bagi masyarakat untuk memahami syarat-syarat untuk mendaftar BPJS Kesehatan dan manfaat yang didapat dari menggunakan BPJS Kesehatan. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan, masih banyak warga desa Kaloran khususnya dusun Batur dan dusun Toleh yang belum mengerti apa itu BPJS Kesehatan sehingga belum memiliki BPJS Kesehatan. Informasi mengenai klaim dan fungsi BPJS sangat diperlukan masyarakat. Dalam praktiknya kartu-kartu yang diberikan pemerintah tersebut akan menunjang kehidupan masyarakat.

Pada Selasa 24 Juli 2018 Tim II KKN Undip Desa Kaloran melaksanakan sosialisasi mengenai Pengenalan Pentingnya Manfaat BPJS Kesehatan untuk Masyarakat yang bertempat di Dusun Batur. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 15.00-16.00 WIB dan dihadiri oleh warga Dusun Batur dan Dusun Toleh. Warga Dusun Batur dan Dusun Toleh sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Antusias para warga ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang di lontarkan.

Dalam mendaftar BPJS Kesehatan diperlukan beberapa dokumen sebagai persyaratan yang meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor rekening (wajib untuk golongan I dan II), dan pas foto ukuran 3×4. Pendaftaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara online atau offline. Pendaftaran secara offline dilakukan dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat dan mengisi formulir perndaftaran. Sedangkan pendaftaran online dapat langsung dilakukan dengan mengunjungi website BPJS Kesehatan yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id.

Semoga dengan adanya pengenalan ini masyarakat dusun Batur dan dusun Toleh dapat paham mengenai pentingnya BPJS Kesehatan dan memberikan manfaat kepada warga dusun Toleh dan dusun Batur.

https://drive.google.com/drive/folders/1NUpsoC6P9xYemKAoo2UxbyM4jJ1w32u-

Sosialisasi