Ready for Desa Siaga Aktif

Desa siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumberdaya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana, dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri. Desa Kemiri Timur menjadi salah satu desa yang ditunjuk dalam perlombaan desa siaga aktif tingkat Kabupaten Batang. Untuk mencapai desa siaga aktif diperlukan berbagai persiapan dimulai dari survey mawas diri, pembenahan administrasi, bersih desa, pelabelan produk unggulan desa, serta penanganan masalah kesehatan.

Pada Kamis (19/07/18) dilaksanakan rapat yang membahas hasil survey mawas diri yang menunjukkan faktor lingkungan menjadi faktor risiko utama masalah kesehatan di Desa Kemiri Timur. Untuk menangani faktor lingkungan ini diperlukan keaktifan pengurus FKD (Forum Kesehatan Desa) serta kesadaran warga akan pentingnya kesehatan. Hal pertama yang dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan dari faktor lingkungan adalah pelaksanaan bersih desa yang dilakukan secara gotong-royong oleh masyarakat Desa Kemiri Timur.

Mahasiswa KKN tim II Undip tahun 2017/2018 membantu pembenahan administrasi dan dokumentasi kegiatan FKD guna persiapan desa siaga aktif. Kegiatan yang menjadi fokus dalam desa siaga terbagi menjadi empat Kelomok Kerja (Pokja) yaitu : Pokja 1 (gotong-royong), Pokja 2 (pendidikan), Pokja 3 (kesehatan), dan Pokja 4 (sandang, pangan, papan). Masing- masing Pokja membutuhkan administrasi dan dokumentasi yang terstruktur dan lengkap untuk mencapai kriteria desa siaga aktif.

IMG_3484

IMG_3482

“Proses pelabelan produk”

Dalam memaksimalkan unggulan yang ada di Desa Kemiri Timur dilaksanakan proses pelabelan produk seperti : madu, aneka kripik serta berbagai makanan ringan lain. Selain pelabelan produk, mahasiswa KKN tim II Undip tahun 2017/2018 membuat video profil desa untuk menunjukkan potensi lain dari Desa Kemiri Timur. Untuk menyambut tim penilai desa siaga aktif mahasiswa KKN tim II Undip tahun 2017/2018 melakukan pelatihan terhadap ibu-ibu PKK yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Hidup Sehat serta pelatihan kepada siswi SDN 04 Kemiri yang akan menampilkan tari Si Cantik (Siswa Pencari Jentik).
IMG_3495

“Latihan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Hidup Sehat”

#Reportase 4
Posted by Tim II KKN Undip Desa Kemiri Timur, Kecamatan Subah