Ajak Perdalam Agama, Tim II KKN Kranggan Ikut Ajari Anak-Anak Mengaji

Image and video hosting by TinyPic
SEMARANG – Salah satu kewajiban bagi umat Islam adalah menuntut ilmu, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Menuntut ilmu merupakan kewajiban atas setiap muslim” (HR. Ibnu Majah). Mengaji merupakan bentuk dari menuntut ilmu agama untuk memperdalam keimanan bagi muslim. Kelurahan Kranggan sendiri, khususnya di RW 3 pun rutin diadakan mengaji setiap Minggu-Rabu sehabis sholat Magrib.

Image and video hosting by TinyPic

Kegiatan mengaji ini diikuti oleh anak-anak, mulai dari umur 4 tahun hingga yang sudah beranjak SMP. Tidak seperti di TPQ-TPA lain, kegiatan mengaji di Mushola ini bersifat tidak terlalu mengikat anak. Setelah diberikan tugas, anak-anak langsung mengaji dan pulang setelahnya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya waktu dan tenaga pengajar ngaji di Mushola tersebut, karena di Mushola tersebut hanya ada satu pengajar, yakni Ustadz Yaqub. Selain itu, anak-anak yang sangat aktif dan susah untuk diatur pun menjadi kendala untuk memperketat aturan dalam mengaji di Mushola.

Image and video hosting by TinyPic

Tak hanya belajar membaca Al-Qur’an, dalam kegiatan mengaji pun anak-anak diajari pula mengenai ilmu fiqih, tajwid, tauhid, dan ilmu akhlaq. Dengan adanya Tim II KKN Kelurahan Kranggan ini, diharapkan dapat membantu Ustadz Yaqub untuk mengajarkan ilmu agama kepada anak-anak di Kelurahan Kranggan.

Telah direview oleh :

BogiBJ