Desa Jatisari: Pengawasan Penggunaan Gadget Pada Anak adalah Kunci Meraih Masa Depan

Batang, 28/07/2018- Telah dilaksanakan Program Pelatihan Pengawasan Gadget pada Anak (Jumat, 27 Juli 2018) oleh Tim II KKN UNDIP di Desa Jatisari, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang. Pelatihan tersebut bertempat di Balai Desa Jatisari dan dihadiri kurang lebih 30 orang peserta. Peserta tersebut berasal dari ibu-ibu PKK dan kader yang memiliki anak usia dini.

Materi dari pelatihan ini berisi dampak positif dan negatif penggunaan gadget untuk perkembangan anak, berbagai resiko yang timbul akibat penggunaan gadget serta cara pengawasan anak yang menggunakan gadget. Pada umumnya masyarakat Desa Jatisari sudah mengetahui dampak negatif yang timbul akibat penggunaan gadget. Contohnya adalah anak-anak menjadi malas belajar, membuka konten yang tidak sesuai umur dan menjadi pribadi yang introvet atau menutup diri.

Program pelatihan ini bertujuan untuk menyadarkan dan mengajarkan pada ibu-ibu khususnya PKK untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan gadget oleh anak. Bentuk pengawasan tersebut dapat dilakukan dengan cara; pertama yaitu memberikan kesempatan pada anak untuk belajat menggunakan gadget untuk belajar dan berinteraksi sejak dini. Kedua, pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Ketiga, menempatkan gadget di ruang umum. Keempat, mengatur durasi penggunaan gadget dan jangan membiarkan anak-anak asik dengan gadget. Kelima, bantu agar anak-anak dapat membuat keputusan sendiri, karena terkadang anak ingin menciptakan suasana yang baru tetapi tidak berani berkomunikasi dengan orang tua.

Program pelatihan ini diberikan karena adanya keluhan-keluhan dari ibu-ibu yang anak-anaknya terkena dampak negatif akibat penggunaan gadget. Selain memberikan pengetahuan  dampak negatif, diberikan juga pengetahuan dampak positifgadgetyaitu membantu perkembangan fungsi adaptif seorang anak dan memudahkan dalam mencari informasi. Pada program pelatihan ini juga ditayangkan video bagaimana menjadi orang tua pada era digital atau digital parenting. Kegiatan ini menarik antusiasme peserta dengan munculnya  pertanyaan-pertanyaan dari para peserta.