Pelatihan Excel untuk Perangkat Kelurahan Baran

pelatihan excel baran

Baran – Selasa, 31 Juli 2018 dilaksanakan Pelatihan Microsoft Excel bagi perangkat Kelurahan Baran oleh mahasiswa KKN Tim II Undip Kelurahan Baran. Kegiatan ini merupakan program monodisiplin dari Mahasiswa Jurusan Statistika, Windy Rohalidiawati, yang dimulai pukul 14.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Baran. Perangkat Kelurahan Baran yang diberi edukasi mengenai penggunaan Excel berjumlah empat orang, yaitu Ibu Gesit, Pak Tri, Pak Tetdi, dan Pak Hanafi.

Materi diajarkan pada pelatihan ini yaitu mengenai aritmatika, logika if, lookup, serta pivot table. Aritmatika sebagai fungsi atau rumus yang digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan perpangkatan atau operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan pada bilangan. Fungsi LOOKUP berguna untuk pencarian dan referensi ketika kita perlu mencari di dalam satu baris atau kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua. Fungsi LOOKUP dibagi menjadi 2 yaitu HLOOKUP dan VLOOKUP. Fungsi logika atau bersyarat memungkinkan kita menguji persyaratan dalam sel. Fungsi bersyarat ini adalah suatu kondisi atau =IF yang hasilnya bergantung pada benar atau salahnya pengujian. Sort and filter berguna untuk mengurutkan dan menyaring data secara sederhana. Sedangkan pivot table digunakan untuk merangkum, mengeksplorasi, dan mempresentasikan data yang berjumlah besar dengan waktu yang singkat. Dalam menggunakan pivot table ini sebaiknya sudah mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan sort and filter.

Pelatihan dan edukasi ini berguna untuk menunjang pekerjaan para perangkat kelurahan dalam melaksanakan tugas-tugasnya di kelurahan, terutama untuk kebutuhan perhitungan dan rekapitulasi data-data yang ada di Kelurahan Baran. (Hendiana)

Telah direview oleh

Bogi BJ