Kegiatan Monodisiplin: Asyiknya Bermain dan Belajar

IMG_4192

Pada Sabtu (04/08/2018) telah dilaksanakan program monodisiplin dari Departemen Matematika dan Departemen Kimia Fakultas Sains dan Matematika. Program ini dilaksanakan di SDN 04 Kemiri dengan sasaran siswa kelas 4 dan siswa kelas 5.  Program yang dilaksanakan adalah kotak romawi serta pemanfaatan plastik berpolimer menjadi lampu lava. Kedua program ini  bertujuan mengenalkan dan mengaplikasikan ilmu matematika dan kimia dengan cara yang mengasyikkan dan tidak membosankan.

IMG_4100
Permainan kotak romawi dimainkan dengan membentuk siswa menjadi kelompok kecil beranggotakan 6-7 orang. Permainan ini berkonsep layaknya permainan ular tangga yang telah dimodifikasi oleh Afida Maulina (Matematika 2014) dan kawan-kawan, dimana dalam permainan ini, terdapat tiga dadu yang digunakan, yaitu dua dadu berisikan angka dan satu dadu berisikan operasi matematika seperti pejumlahan, pengurangan, dan perkalian. Selain itu, permainan kotak romawi juga mengenalkan para siswa dengan angka romawi dan pengetahuan umum yang tertera pada papan permainan. Dengan permainan ini pelajaran matematika yang biasanya beban bagi para siswa menjadi menyenangkan. Tim II KKN Universitas Diponegoro juga mengenalkan permainan ini pada guru-guru di sekolah, agar kelak siswa SDN 04 Kemiri dapat terus memainkan permainan Kotak Romawi ini.
IMG_4161

IMG_4095

Pengaplikasian ilmu kimia pada siswa sekolah dasar dilaksanakan dengan memanfaatkan limbah plastik berpolimer menjadi lampu lava. Permainan ini berprinsip pada reaksi yang terjadi antara asam karbonat dan asam sitrat yang ada pada tablet effervescent dengan air yang membentuk gelembung gas karbondioksida. Permainan ini dilaksanakan dengan mencampurkan air yang telah diberi pewarna dengan minyak. Kedua cairan ini akan membentuk dua lapisan yang tidak dapat menyatu. Setelah itu, masukkan tablet effeverscent yang akan menimbulkan gelembung air dan melewati lapisan minyak layaknya lava. Dengan percobaan ini, ilmu kimia yang biasanya terlihat menyeramkan menjadi mengasyikkan.

IMG_4005

Dalam pelaksanaannya mahasiswa KKN tim II Undip dapat berbaur dan bermain bersama siswa SDN 04 Kemiri. Para siswa terlihat antusias dalam mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di dalam kelas dengan permainan yang mengasyikkan. Tak selamanya ilmu matematika itu menyulitkan dan ilmu kimia menyeramkan.

#Reportase 8
Oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro 2018
Desa Kemiri Timur, Kecamatan Subah