Program Multidisplin Unggulan : Bank Sampah

IMG_4564

Rabu (08/08/2018) mahasiswa KKN tim II Undip di Desa Kemiri Timur telah melaksanakan rangkaian program multidisiplin unggulan yaitu bank sampah. Program yang dilaksanakan melibatkan siswa SDN 04 Kemiri dan SDN 06 Kemiri secara aktif. Program ini dilaksanakan untuk mengajarkan kepada siswa sekolah dasar agar tidak membuang sampah sembarangan.

IMG_4596

Program ini diawali dengan jalan sehat siswa sekolah dasar menuju lapangan Desa Kemiri Timur. Para siswa sekolah dasar bersama mahasiswa KKN tim II Undip membersihkan lapangan desa dari sampah-sampah yang berserakan. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan para siswa akan pentingnya menjaga kebersihan terutama pada fasilitas umum. Setelah membersihkan lapangan, para siswa dan mahasiswa KKN tim II Undip melakukan cap tangan pada kain putih sebagai simbol gerakan anti buang sampah sembarangan. Pada pelaksanaannya siswa sekolah dasar antusias mengikuti serangkaian acara serta memahami pentingnya tidak membuang sampah sembarangan.

IMG_4614

Sampah yang dikumpulkan pada acara ini dipisahkan sesuai jenisnya dan dijual kepada pengepul melalui bank sampah yang telah ada. Alur dari bank sampah sendiri adalah sampah-sampah yang berasal dari masyarakat akan dikumpulkan secara kolektif di tempat ketua RT dan pengepul akan mengambil langsung di rumah ketua RT. Sistem penjualan dari bank sampah sendiri dibagi menjadi sistem pembayaran secara langsung dan dapat juga dengan sistem menabung. Bank sampah menjadi program yang sangat menguntungkan karena selain mengurangi sampah di lingkungan, masyarakat dapat memperoleh tambahan uang dan RT juga dapat memperoleh tambahan kas. Keuntungan lain dari bank sampah yaitu dengan alur yang telah ditetapkan, pengepul sampah tidak mengalami kesulitan untuk mengumpulkan sampah dan tidak perlu mendatangi rumah warga satu per satu.

IMG_4625

Reportase 10
Oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro 2018
Desa Kemiri Timur, Kecamatan Subah